Pemkab Sigi Dorong Pemerintah Desa Sediakan Lahan Tanam

waktu baca 2 menit
Petani di Area Persawahan (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, mendorong pemerintah desa sediakan lahan seluas tiga hektare yang dapat digunakan untuk bercocok tanam, guna dalam rangka menopang upaya pemerintah dalam pembangunan dan penguatan ketahanan pangan.

Hal itu diungkapkan Rahmat Iqbal Nurkhalish Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Senin 18 Juli 2022.

“Ya, kami mendorong pemerintah desa untuk menyiapkan tiga hektar lahan untuk kegiatan pertanian,” kata Rahmat Iqbal Nurkhalish, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi Rahmat di sela-sela penanaman jagung terkait ketahanan pangan. bersama Pemkab Sigi di Kawasan Kodim 1306, Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Senin 18 Juli 2022.

Iqbal mengatakan keterlibatan TNI dalam mengembangkan lahan potensial untuk budidaya jagung dan pemberdayaan petani merupakan pembangunan yang harus didukung. Korem 132 Tadulako beserta jajarannya bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi menanam jagung manis pertama di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi pada Senin 18 Juli 2022.

Baca: Sulawesi Tengah Budidaya Padi Ladang Jaga Ketahanan Pangan

TNI menargetkan luas tanam jagung seluas 16.729 hektar di seluruh Sulawesi Tengah, yang secara teknis mencakup petani yang tergabung dalam kelompok tani dan gabungan kelompok tani di setiap kabupaten dan kota. Untuk mencapai target tersebut, setiap desa Sigi didorong untuk menyiapkan lahan seluas tiga hektar untuk menanam jagung.

“Kami akan menindaklanjutinya dengan kodim agar budidaya jagung bisa dilakukan di tingkat desa,” ujarnya.

Iqbal juga menambahkan, dalam acara tersebut, pihaknya juga akan membantu mesin pertanian untuk penanam jagung di Sigi.

Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung program penanaman jagung untuk memperkuat ketahanan pangan nasional dan mengembangkan kesejahteraan petani.

“Ini wajib, kami akan terus berkoordinasi untuk memberikan dukungan teknis pelaksanaan program tersebut,” ujarnya.

Irwan mengatakan, melalui kerjasama ini, masyarakat dapat memanfaatkan hasil tanaman, termasuk Babinsa, Babinkamtibmas, dan pemerintah daerah. (*/Ikh)

Baca: 520 Ekor Hewan Ternak di Sulawesi Selatan Terpapar PMK

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.