Pesta Demokrasi Pilkades, Pemda Parigi Moutong Ajak Junjung Sportifitas

waktu baca 2 menit
Pemkab Parigi Moutong Ajak Pesta Demokrasi Pilkades Junjung Sportifitas

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, mengajak peserta menjunjung tinggi sportifitas pada pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) guna mewujudkan atsmofer demokrasi yang matang.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Parigi Moutong Agus Salim saat dihubungi di Palu, Kamis 23 Juni 2022.

“Para kontestan atau calon yang mengikuti kontestasi pesta demokrasi Pilkades tidak hanya berusaha meraih simpati masyarakat untuk memperoleh suara, tetapi juga berperan dalam memberikan pendidikan politik kepada pemilih,” ucap Kepala Bidang Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) Parigi Moutong, Agus Salim saat dihubungi di Palu, Kamis 23 Juni 2022.

Ia menjelaskan, setelah tahapan debat calon berlangsung beberapa waktu lalu, kini sedang dalam proses tahapan selanjutnya, yakni pendistribusian surat suara ke 97 desa yang akan dilaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 2022.

Baca: Tata Kelola Keuangan Desa Bambalemo Parigi Moutong Dinilai Buruk

Oleh karena itu, jangan sampai esensi Pilkades dirusak pada hari pemilihan oleh tindakan-tindakan yang tidak seharusnya terjadi, dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk menjaga dan menyelenggarakan pemilu yang aman dan damai.

Karena pengaruh keberpihakan tersebut tentunya telah mencoreng nama baik penyelenggara dan Pemerintah Daerah (Pemda) sebagai mediator.

“Masyarakat juga berperan dalam mengawal setiap tahapan Pemilu tingkat desa. Jika menemukan hal-hal yang dapat mengarah pada pelanggaran, silakan laporkan kepada penyelenggara,” ucapnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan sesuai prosedur tentu akan berdampak positif bagi demokrasi, meski kemungkinan dinilai masih ada potensi gugatan.

Agus Mengatakan, hari pemilihan ditetapkan 27 Juni 2022 untuk mengisi masa jabatan 2022-2027 dengan harapan partisipasi masyarakat yang antusias. (*Ikh)

Baca: Perkuat Struktur Organisasi, DPD Nasdem Parigi Moutong Gelar Rapat

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.