Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Pemkab Bantul Buka Layanan Oksigen Gratis Pasien Isoman

Pemkab Bantul Buka Layanan Oksigen Gratis Pasien Isoman
Foto: Illustrasi Pemkab Bantul buka layanan oksigen.

Gemasulawesi- Pemerintah Kabupaten Bantul buka layanan oksigen gratis pasien Isoman, dengan memanfaatkan generator oksigen yang telah dibangun di RSUD Panembahan Senopati.

 “Mudah-mudahan langkah ini akan meningkatkan angka kesembuhan, menekan angka kematian dan akan mempercepat berakhirnya masa pandemi covid19 di Bantul ini,” ungkap Bupati Bantul Abdul Halim Muslih di Bantul, Sabtu 14 Agustus 2021.

Menurut dia, Pemkab Bantul buka layanan oksigen gratis pasien Isoman dipusatkan di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, dengan jumlah kapasitas oksigen diperbantukan sebanyak 15 tabung kecil per hari.

Baca juga: Pasien Covid19 Tewas Terpeleset, Diduga Hendak Kabur

Generator oksigen kata dia, telah terpasang di RSUD Panembahan Senopati sendiri dapat menghasilkan oksigen 300 ribu liter per hari. Dipergunakan untuk keperluan rumah sakit. Dan sisanya diperbantukan bagi masyarakat penderita Covid-19.

“Setelah kita melihat pandemi Covid-19 dan laporan masyarakat membutuhkan oksigen ini mengalami kesulitan, akhirnya kita membangun generator oksigen di RSUD untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, dan sisanya diperbantukan ke masyarakat memerlukan oksigen,” katanya.

Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pendistribusian Oksigen Kepada Masyarakat Pasien Covid19. Pemkab buka layanan oksigen gratis pasien Isoman.

“Masyarakat dilarang mengajukan permohonan oksigen untuk persediaan sewaktu-waktu di rumah atau untuk ditimbun,” kata dia.

Baca juga: Tersisa 24 Tempat Tidur Pasien Covid19 di RSUD Anuntaloko Parigi

Permohonan layanan diajukan ke Satgas covid19

Pemkab Bantul buka layanan oksigen gratis pasien Isoman. Sehingga, permohonan harus diajukan Satgas Covid19 atau pengelola selter secara tertulis kepada Bupati. Dengan tembusan ke Kabag Administrasi Kesra ditandatangani lurah atau ketua satgas dengan lampiran menyatakan oksigen itu untuk pasien sedang isolasi di wilayahnya.

“Pemohon membawa tabung oksigen sendiri ukuran paling banyak satu meter kubik, dan satu orang hanya dapat diberikan alokasi distribusi oksigen untuk satu tabung, dan dapat diberikan lagi setelah dipergunakan,” pungkasnya.

Data Satgas Penanggulangan covid19 Bantul menunjukkan, total kasus positif per Jumat 13 Agustus, sebanyak 49.366 orang, dengan telah sembuh 38.631 orang.

Sementara kasus meninggal berjumlah 1.236 orang, sehingga kasus aktif atau pasien yang masih karantina sebanyak 9.499 orang. (***)

baca juga: Puskesmas Pantau Pasien Isoman Positif Covid19 di Parigi Moutong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post