Pemerintah Pastikan Tidak Akan Impor Beras Saat PPKM

waktu baca 2 menit
Foto: Illustrasi pemerintah tidak akan impor beras saat PPKM.

Berita nasional, gemasulawesi– Pemerintah mengklaim stok beras di dalam negeri masih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga dipastikan tidak akan melakukan impor beras saat PPKM terbatas.

“Saya tidak berekspektasi sama sekali untuk impor beras dalam waktu dekat,” ungkap Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi  saat konferensi pers virtual, Senin 7 Juli 2021.

Impor beras saat PPKM terbatas tidak diperlukan karena stok beras Bulog masih berkisar 1,39 juta ton. Itu diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan sekitar 12 bulan ke depan.

Selain itu, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), potensi produksi atau panen petani mencapai 33 juta ton pada tahun ini.

Angka ini, juga dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat pada tahun ini, termasuk saat pelaksanaan PPKM darurat saat ini.

“Jadi kita ikuti alur dari pada ini dan kita bisa pastikan tidak impor karena ketersediaan stok di Bulog juga cukup,” tekannya.

Sementara terkait harga beras, pemerintah memastikan cenderung stabil untuk berbagai jenis. Hal ini terlihat dari hasil pemantauan kementerian dalam dua minggu terakhir sejak Juni hingga Juli 2021 saat panerapan PPKM darurat diberlakukan.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Jamin Warga Selama PPKM Darurat Covid 19

Beras medium misalnya, menurut catatan Kemendag, harganya Rp10.100 sampai Rp11.800 per kilogram (kg) pada awal Juni 2021. Pada akhir Juni 2021, harganya tetap berada di kisaran yang sama.

“Begitu juga pada 2 Juli, beras medium misalnya itu masih Rp10.500 per kg. Beras premium juga stabil,” tuturnya.

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Instruksikan PTM Terbatas Ditunda

Dalam catatan harga Kemendag, harga beras premium berada di kisaran Rp12.300 sampai Rp13.400 per kg pada Juni-Juli 2021. Hal yang sama terjadi pada beberapa bahan pokok lain, seperti gula pasir tetap di kisaran Rp13 ribu per kg dan daging sapi Rp125 ribu sampai Rp126 ribu per kg.

Lalu, harga daging ayam ras Rp35 ribu hingga Rp36 ribu per kg, bawang merah Rp30 ribu hingga Rp31 ribu per kg, telur ayam ras Rp25 ribu hingga Rp26 ribu per kg, kedelai Rp12 ribu per kg, tepung terigu Rp10.200 per kg, dan bawang putih Rp28 ribu hingga Rp29 ribu per kg.

Baca juga: 24 Ribu Jiwa Sudah Disuntik Vaksin Covid 19 di Parigi Moutong

Di sisi lain, ia turut memastikan ketersediaan seluruh bahan pokok dan barang penting mencukupi untuk kebutuhan masyarakat sekitar dua minggu sampai satu bulan ke depan.

“Saya ingin katakan barang-barang ini ada, barang-barang ini terjangkau, dan stabil, mudah-mudahan pada PPKM Darurat ini, barang pokok dan barang penting tidak jadi masalah apapun di pasar,” tandasnya. (***)

Baca juga: Vaksinasi Nakes dan TNI-Polri di Parigi Moutong Sudah 90 Persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.