2Banner GIF 2021

Pemerintah Jamin Ketersediaan Stok Makanan Saat PPKM

Pemerintah Jamin Ketersediaan Stok Makanan Saat PPKM
Foto: Illustrasi stok aman saat PPKM.

Berita nasional, gemasulawesi– Pemerintah menjamin ketersediaan stok makanan saat PPKM darurat diberlakukan, sebab seluruh angkutan logistik akan terus beroperasi.

“Saya sampaikan agar masyarakat tidak panik dengan pembatasan (PPKM darurat) karena persiapan logistik makanan dan minuman tidak masalah,” ungkap Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam konferensi pers secara daring, Kamis 1 Juli 2021.

Sektor logistik akan beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat. Begitu juga dengan toko kelontong, pasar, atau supermarket tetap buka. Sehingga stok makanan saat PPKM bisa aman

“Tapi operasi dibatasi sampai 20.00 WIB dan kapasitas hanya 50 persen,” jelasnya.

Meski dibatasi, masyarakat tetap bisa membeli barang-barang atau stok makanan saat PPKM.

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu ke pasar, toko kelontong, atau supermarket secara berbondong-bondong untuk menimbun bahan pangan.

Begitu juga dengan restoran yang tetap buka selama PPKM darurat. Hal ini berlaku bagi restoran di pinggir jalan atau di dalam pusat perbelanjaan.

“Masih buka tapi bawa pulang. Tidak terima makan di tempat. Tapi yang penting prinsip ketersediaan makan minum tetap siap,” tambahnya.

Secara terpisah, Kepala Bagian Humas dan Kelembagaan Perum Bulog Tomi Wijaya mengatakan total stok beras berhasil diamankan hingga saat ini telah mencapai 1,4 juta ton.

Jumlah itu sesuai dengan penugasan dari pemerintah untuk mengamankan cadang beras atau stok makanan saat PPKM, sebanyak 1 juta hingga 1,5 juta ton demi menjaga stabilitas harga.

Baca juga: Kemenag Parigi Moutong Buka Layanan Penarikan Dana Haji

“Stok yang dikuasi Bulog saat ini ada 1,4 juta ton sudah di batas aman penugasan pemerintah karena berdasarkan Rakortas itu 1-1,5 juta ton,” ujarnya.

Bulog terus memantau pergerakan harga beras secara berkala di pasaran. Jika terjadi kenaikan harga, cadangan beras akan diguyur ke pasar agar harga kembali stabil.

“Kami juga diberikan penugasan pemerintah melakukan operasi pasar atau Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) itu dilaksanakan sepanjang tahun selama 2021. Ini arahannya setiap saat kita bisa melaksanakan itu, pada saat harga naik itu pun langsung,” tuturnya.

Bulog juga memastikan ketersediaan stok pada komoditas daging ayam, telur, gula, dan minyak goreng. Pengamanan dilakukan dengan kontrak pemasokan lebih awal dengan para mitra.

“Untuk distribusi insyaallah aman karena kami kan sektor logistik kritikal yang dibolehkan beroperasi 100 persen,” tutupnya. (***)

Baca juga: Bapenda Akan Evaluasi Persoalan Karcis Retribusi Pasar Parigi Moutong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post