Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Pemerintah Beri Bantuan Perlindungan Anak Yatim Piatu Korban Covid19

Pemerintah Beri Bantuan Perlindungan Anak Yatim Piatu Korban Covid19
Foto: Menkominfo Jhony G Plate.

GemasulawesiMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, pemerintah telah memberikan bantuan perlindungan anak yatim piatu korban covid19.

“Bantuan perlindungan seperti bantuan obat-obatan, vitamin, test swab/PCR, vaksinasi, dan kebutuhan dasar anak lainnya,” ungkap Johnny melalui siaran pers, Minggu 15 Agustus 2021.

Menurut dia, pemerintah juga memberikan konseling untuk anak-anak dan keluarga mereka. Bahkan, berupaya menyatukan kembali anak dengan keluarga besar mereka untuk mencegah anak kehilangan hak pengasuhan.

Baca juga: Parigi Moutong Data Anak Yatim Terdampak Pandemi Covid19

Selain bantuan perlindungan anak yatim, pemerintah juga turut memfasilitasi pengasuhan alternatif melalui pengasuhan orang tua asuh atau panti asuhan. Serta, membantu keluarga besar anak untuk mengatasi kesulitan dalam mengasuh anak.

“Pemerintah mendukung anak-anak agar mendapatkan akses pendidikan dan fasilitas kesehatan yang layak,” kata dia.

Selain bantuan perlindungan anak yatim, upaya lainnya dengan memberikan terapi fisik, psikososial dan mental spiritual juga diberikan kepada anak untuk mengatasi rasa sedih dan trauma karena kehilangan orang tua akibat covid19.

Dia menyatakan, pemerintah saat ini terus menghimpun data anak-anak yang kehilangan orangtua karena covid19 berdasarkan nama dan alamat tempat tinggal.

Bantuan perlindungan anak yatim dilakukan untuk memastikan yang membutuhkan dapat segera menjalani penanganan dan bantuan dari pemerintah.

Baca juga: KemenPPPA Diminta Terlibat Siapkan Bantuan Anak Korban Covid19

“Anak-anak adalah aset bangsa dan generasi penerus yang menentukan masa depan bangsa. Perlindungan dan kesejahteraan anak menjadi prioritas pemerintah,” ujarnya.

Dia menegaskan, perlindungan dan kesejahteraan anak merupakan prioritas utama pemerintah. Selain itu, perlindungan bagi semua anak merupakan bagian penting dari masa depan bangsa. Olehnya, pemerintah senantiasa berupaya memberikan perlindungan dan kesejahteraan anak dengan menjamin hak-haknya.

Baca juga: Kemensos Siapkan Beasiswa Pendidikan Anak Yatim Korban Covid19

KemenPPPA lakukan berbagai upaya tangani anak terdampak covid19

Sebelumnya, KemenPPPA melakukan berbagai upaya dalam menangani anak-anak yang orangtuanya meninggal akibat covid19. Menteri PPPA, Bintang Puspayoga menyebutkan, hal ini penting agar dapat melindungi hak anak Indonesia, termasuk mereka yang ditinggalkan orang tuanya akibat pandemi covid19.

Kemen PPPA telah mengirimkan surat edaran kepada 34 pemerintah provinsi terkait penyusunan data terpilah, khusus anak terpisah karena orang tuanya melakukan isolasi mandiri dan/atau meninggal dunia.

Tujuannya, supaya anak-anaknya bisa mendapatkan pendampingan dan dipastikan mendapatkan hak pengasuhannya. (***)

Baca juga: KemenPPPA Janji Bantu Asuh Anak Ditinggal Ortu Akibat Covid19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post