Pemda Parigi Moutong Sediakan layanan QRIS Bayar Pajak Daerah

waktu baca 2 menit
(Ilustrasi Gambar)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong, tanda tangani Mou atau kerja sama dengan Bank Sulteng guna tingkatkan sistem perpajakan daerah dengan launching layanan Kanal Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS).

Penandatanganan dokumen perjanjian kerjasama ditandatangani langsung oleh Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu dan Direktur Bank Sulteng Alan Fajrin, ditandai dengan penyerahan kode QRIS dari pimpinan Bank Sulteng kepada Bupati Parigi Moutong.

Penandatanganan MoU disaksikan oleh Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Parigi Moutong Dian Pravitasari, Kepala Bagian Penagihan dan Keberatan, Moh Ali Barake Husain, Kepala Sub Bidang dan Penagihan Daerah Jisman, Pimpinan Kas Kantor Bupati Bank Sulteng Moh Amin serta staf Dana dan Jasa Bank Sulteng Rafhensca M. Sarkani, Kepala Divisi Dana dan Jasa Bank Sulteng Parigi Ayu Febriyanti serta staf Dana dan Jasa Bank Sulteng Rafhensca M. Sarkani.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan launching layanan QRIS bank Sulteng di Lolaro Resort Tinombo pada Kamis 30 Juni 2022.

Baca: IJTI, AMSI dan PFI Luncurkan Logo Semarak Media Digital 2022 di Palu

Kepala Sub Bidang Pajak Daerah dan Penagihan Retribusi Daerah Bapenda Parigi Moutong Jisman mengatakan, dengan di launching layanan QRIS, pihaknya dapat membantu wajib pajak agar mudah melakukan transaksi pembayaran pajak daerah. dibuatkan Kanal pembayaran QRIS yakni :

Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MINERBA)/Galian Jenis C, Pajak Reklame, Pajak Parkir, Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Hiburan, Pajak Hotel/Penginapan/Losmen/Homestay/Pesanggrahan/Vila & sejenisnya, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Hotel/Penginapan/Losmen/Homestay/Pesanggrahan/Vila & sejenisnya, Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan & Perkotaan (PBB-P2).

Adapun 2 jenis pajak yang belum menjadi saluran pembayaran QRIS, kata Jisman, yaitu pajak air tanah karena tidak dipungut dan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) karena dipungut oleh PT PLN.

“QRIS merupakan saluran pembayaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk memfasilitasi layanan pembayaran pajak daerah guna mendukung elektrifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) sebagaimana roadmap yang telah disusun oleh tim perluasan Percepatan dan Perluas Digitalisasi Daerah (TP2DD) oleh Kabupaten Parigi Moutong,” ujarnya. (*/Ikh)

Baca: Presiden Joko Widodo Sumbang Sapi Kurban Bobot 1 Ton di Sigi

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.