Pemda Parigi Moutong Gelar Rapat Tanggap Darurat Banjir

waktu baca 2 menit
Rumah terkena dampak korban banjir di Torue kabupaten Parigi Moutong

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi –Pemerintah Daerah (Pemda) terkait Banjir bandang yang terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Parigi Moutong, Kamis 28 Juli 2022 pukul 21.00 waktu setempat, Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong Zulfinasran dengan beberapa unsur terkait telah menggelar rapat untuk menetapkan status tanggap darurat banjir bandang di daerah itu.

Sejumlah desa yang terkena dampak dari banjir bandang Parigi Moutong yakni Desa Torue, Desa Tolai, Desa Purwosari, dan Desa Tanalanto, Laporan Sementara 7 rumah di dusun 2 Desa Torue hanyut dan puluhan rumah lainnya rusak berat, sedangkan untuk fasilitas umum yang terkena dampak banjir seperti sekolah, kantor desa torue, dan kantor camat.

“Semalam telah dilakukan rapat dengan beberapa unsur yang lain untuk menetapkan status tanggap darurat bencana banjir bandang berdasarkan pemantauan dilihat dari luasan genangan air yang cukup besar yang berdampak di beberapa desa,” ucap Sekretaris Daerah Zulfinasran saat ditemui Jumat 29 Juli 2022.

Untuk saat ini sudah ada beberapa tempat yang dijadikan warga yang terkena dampak dari banjir bandang menjadi tempat pengungsian awal seperti di mesjid, rumah kepala desa dan beberapa warga lainnya memilih untuk mengungsi dirumah kerabatnya.

Baca: Mendesak, Ratusan Korban Banjir Torue Butuh Bantuan Logistik

Ia mengatakan untuk tiga korban yang dinyatakan meninggal dunia telah di evakuasi di Rumah Sakit (RS) Anuntaloko Parigi, seorang korban meninggal dari warga lokal, dan dua korban lainnya adalah penyintas dari arah Poso, seorang korban warga Tinombo Selatan dan Maesa.

Bagi Korban yang dinyatakan hilang balita berusia 2 tahun, perempuan 2 orang dan lansia 1 orang.

“Semoga intensitas hujan tidak seperti semalan lagi karena dikhawatirkan akan terjadi banjir susulan, kami dan beberapa unsur terkait telah melakukan rapat status tanggap darurat berdasarkan pemantauan dari genangan air yang cukup besar berdampak dibeberapa desa,” harap Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong Zufinasran. (Ikh)

Baca: Banjir Bandang Torue Parigi Moutong, Puluhan Korban Meninggal

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.