2Banner GIF 2021

Pemda Parigi Moutong Akan Gelar Pameran UMKM

Pemda Parigi Moutong Akan Gelar Pameran UMKM
Foto: Pemda Parigi Moutong Akan Gelar Pameran UMKM. Pemda Parigi Moutong Akan Gelar Pameran UMKM.

Gemasulawesi Pemerintah daerah (Pemda) Parigi Moutong akan menggelar pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Rencananya kegiatan itu dilaksanakan di Lolaro Kecamatan Tinombo, mulai 29-30 Oktober 2021.

“Kami sebagai pelaksana. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan hari sumpah pemuda,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong, Sofiana, saat ditemui di Parigi, Rabu 27 Oktober 2021.

Dia mengatakan, dalam kegiatan pameran itu, pihaknya melibatkan kelompok UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM, mulai dari kelompok pemuda, hingga ibu rumah tangga.

Baca juga: 185 UMKM Terdampak PPKM Dapat Bantuan Beras dari Pemkot Palu

Kemudian, sebanyak 21 jenis produk olahan akan dipamerkan dalam kegiatan itu, diantaranya bawang goreng, kripik, olahan kelor, gula aren, berbagai jenis kue, dan Ambon Ikan.

Menurut dia, keterlibatan kelompok UMKM itu, untuk memotivasi, membantu mempromosikan serta memasarkan hasil produksinya, agar kembali bangkit dan berinovasi dalam mengembangkan usahanya meski dalam kondisi pandemi saat ini.

“Jadi dengan momen hari sumpah pemuda ini, kami ingin kembali membangkitkan semangat dan kelompok UMKM, melalui pameran itu,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kelompok UMKM binaan itu sudah lama ada dan aktif, serta telah memasarkan produk olahannya, baik secara mendiri, menggunakan fasilitas Dekranasda Parigi Moutong, rumah BUMN, dan memenuhi permintaan hingga keluar daerah. 

Bahkan kata dia, ada juga yang mulai menggunakan pemasaran secara digital atau online, dengan memanfaatkan media sosial. Meningkatnya strategi pemasaran itu, menjadi salah satu solusi kelompok UMKM dalam situasi pandemi saat ini.

“Pemasaran secara digital ini, sangat membantu kelompok UMKM ini. Sebab, meskipun banyak keterbatasan disaat pandemi, tapi pemasaran produksi olahan tetap jalan, bagi kelompok yang sudah mulai memanfaatkan pemasaran itu,” tuturnya.

Selama ini kata dia, pemerintah pusat juga telah mengalokasikan anggaran melalui APBN, untuk insentif petugas pendamping kelompok UMKM. Keberadaan petugas itu, sangat membantu dalam meningkatkan dan mengembangkan kelompok UMKM di Parigi Moutong.

Dia berharap, kelompok UMKM di Parigi Moutong terus tumbuh dan meningkatkan eksistensinya, agar menjadi alternatif dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarganya.

“Petugas pembinaan itu juga memberikan penguatan pada kelompok-kelompok UMKM yang baru mulai merintis usaha mereka,” pungkasnya. (***)

Baca juga: Pameran Stunting Parigi Moutong, Ini Target Pemda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post