Pemda Atur Pembagian Hewan Kurban Parigi Moutong ke Pondok Pesantren

Pemda Atur Pembagian Hewan Kurban Parigi Moutong ke Pondok Pesantren
Foto: Illustrasi Hewan Kurban Pemda Parimo.
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Pemda atur pembagian hewan kurban Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, ke Pondok Pesantren di beberapa wilayah.

“Itu berdasarkan petunjuk Bupati,” ungkap Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Setda Parigi Moutong, Mahfuz, kepada wartawan, Senin 19 Juli 2021.

Total jumlah hewan kurban Parigi Moutong sebanyak 28 ekor. Terdiri dari 26 ekor sapi dan dua ekor kambing, dari sejumlah perangkat daerah.

Baca juga: Anjuran Qurban Muhammadiyah: Sembelih Hewan di Rumah

Beberapa ekor sapi hewan kurban Parigi Moutong tidak seluruhnya dikelola Bagian Kesramas. Namun, dibagikan ke Pondok Pasantren Nurul Amanah Dolago, Al-Izzah Al-As’adiyah Tolai, Lisaanul Arab, Asmaul Alkhairat, dan Pasantren Modern Alkhairat di Siniu.

Kemudian, Pemda juga membagikan hewan kurban kepada masyarakat mualaf di Desa Gangga Kecamatan Parigi Selatan. Masing-masing satu ekor sapi, namun untuk Desa Gangga di berikan satu ekor kambing saja.

Selain pembagian hewan kurban Parigi Moutong ke sejumlah pondok pesantren, beberapa perangkat daerah mengelolanya sendiri.

Contohnya, Bappelitbangda, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruangan dan Pertanahan (PUPRP) dan Kementerian Agama.

Baca juga: Parigi Moutong Laksanakan Qurban Ditengah Pandemi Covid-19

Pemda Atur Pembagian Hewan Kurban Parigi Moutong ke Pondok Pesantren
Foto: Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Setda Parigi Moutong, Mahfuz.

Pemotongan hewan kurban usai Ied Adha

Sehingga, total hewan dikelola pihaknya sebanyak dua ekor sapi dan satu ekor kambing. Rencananya, pemotongan akan dilakukan sehari usai Lebaran Idul Adha, berlokasi di Desa Boyantongo.

“Untuk Dinas Peternakan itu, dua ekor, dipotong sendiri dan satunya mereka serahkan ke Pasantren di Tinombo. Untuk Kementerian Agama mereka berikan ke GP Ansor,” jelasnya.

Dalam proses pembagian daging kurban nantinya, dilakukan dengan sistem pembagian kupon kepada penerima kuban. Berdasarkan petunjuk Bupati, pembagian daging kurban harus tepat sasaran.

“Sebenarnya dikelola oleh Kesramas banyak 13 ekor, tapi sebagian untuk Pondok Pasantren tadi,” kata dia.

Selain itu, sebelum dilakukan pembagian dan pemotongan hewan kurban Parigi Moutong. Pihaknya telah melakukan pengecekan kesehatan hewan.

Tujuannya, agar memastikan kelayakan sapi dan kambing dijadikan kurban.

“Mengecek kesehatan hewan sudah kami laksanakan kemarin, hari Sabtu,” tutupnya.

Baca juga: Kementan Prediksi 10 Persen Penurunan Pemotongan Hewan Kurban

Laporan: Novita Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post