Pembuatan Jamban, Prioritas DD Desa Kayuboko Tahun 2019

Pemerintah desa (Pemdes) Kayuboko, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parimo, Provinsi Sulteng, kembali menganggarkan pembangunan Jamban bagi warga.

0
333
Pembuatan Jamban, Prioritas DD Desa Kayuboko Tahun 2019
Kepala Desa Kayuboko, Rahmat

Parimo, gemasulawesi.comPembuatan jamban menjadi prioritas penganggaran dalam Dana Desa Kayuboko, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parimo, Provinsi Sulteng, Tahun 2019.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Kayuboko, Rahmat, kepada gemasulawesi.com, diruang kerjanya, Jumat, 22 Maret 2019.

“Tahun ini, pembuatan Jamban merupakan program prioritas kami pada pemanfaatan anggaran Dana Desa (DD) 2019,” ujarnya.

Dia mengatakan, desa tersebut masuk daftar salah satu wilayah Parimo yang sulit menerapkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hal itu terungkap saat pertemuan antara Pemdes sekecamatan Parigi Barat dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parimo yang di fasilitasi Pemerintah Kecamatan.

“Masih banyak tempat tinggal warga yang belum memiliki Jamban, menjadi salah satu indikator penilaian yang diungkapkan pihak Dinkes saat itu,” ungkapnya.

Pada pembangunan Jamban kali ini lanjut dia, Pihaknya bersepakat untuk membangun 30 unit, yang dibahas saat musrembang desa beberapa waktu lalu.

“Jadi, dari tiga dusun yang ada, kami memporsikan 10 unit jamban per dusun, dengan anggaran sekitar tiga juta rupiah per unit nya,” terangnya.

Terhitung sejak tahun 2017 hingga kini, sekitar 60 unit bantuan pembangunan Jamban telah di salurkan Pemdes Kayuboko kepada warganya.

Dia menambahkan, pekerjaan Jamban tersebut dikerjakan secara swakelola.

“Jadi, kami hanya menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk ukuran Jamban 2 meter persegi,” tutupnya.

Baca juga: Desa Petapa Gunakan DD Bangun Jalur Lingkar

Laporan: Daniel

Tinggalkan Balasan