Pembinaan KAT Parigi Moutong Jadi Percontohan Daerah di Indonesia

waktu baca 2 menit
Anak Suku Lauje di Pemukiman KAT Suku Lauje Desa Lombok Barat Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah.

Parigi moutong, gemasulawesi.com Pembinaan warga Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menjadi percontohan berbagai daerah di Indonesia.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinsos Kabupaten Parigi Moutong, Haris Irawan di ruang kerjanya belum lama ini.

“Pembinaan warga KAT Parigi Moutong menjadi best application. Itu merupakan pernyataan langsung yang disampaikan Kemensos ketika berkunjung ke Kabupaten Parigi Moutong,” ungkapnya.

Dalam kunjungan itu kata dia, remaja warga KAT yang dibina melakukan berbagai demo skill, yang disaksikan langsung Kemensos.

Ada beberapa hal yang didemonstrasikan, mulai dari mengemudi hingga penggunaan alat tensi darah manual.

“Alhamdulillah, semua berhasil dilakukan remaja warga KAT binaan Dinsos angkatan pertama. Melihat hasil demo itu, Kemensos tersanjung. Dan mengaku kalau pembinaan warga KAT di Parigi Moutong patut menjadi contoh,” ujarnya.

Ia mengatakan, menurut penyampaian pihak Kemensos, pembinaan KAT di Parigi Moutong berbeda dari daerah lainnya di seluruh Indonesia.

Bahkan, pihak Kemensos membandingkan pembinaan warga KAT di daerah Papua, hasilnya sangat jauh berbeda.

Pasalnya, pembinaannya dilakukan secara berkelanjutan. Tak heran, saat ini Pemda Parigi Moutong masih melakukan program lanjutan kepada remaja warga KAT.

“Saat ini, kami sudah melakukan pembinaan remaja warga KAT angkatan ke dua sebanyak 36 orang,” terangnya.

Sebelumnya, DPRD dan Dinsos akan segera atur KAT dalam Perda, melalui kerjasama dalam penyusunannya.

“Sebelum menyusun Perda, kami telah menemui Kasubdit yang menangani KAT di Kementerian Sosial (Kemensos),” ungkapnya.

Hasilnya, Kemensos akan bekerjasama dengan Dinsos berencana membuat database, terkait jumlah warga KAT di Parigi Moutong yang hingga saat ini belum tersedia. Sesuai dengan bahan pendukung Raperda kesejahteraan sosial.

Ia menambahkan, untuk mendukung bahan pendukung Raperda KAT, Dinsos juga telah melakukan pembinaan terhadap 38 remaja masyarakat KAT yang sudah berlangsung sejak lama.

Baca juga: Hakim Putuskan Samsurizal Cs Kembalikan Dana 4,9 Miliar Rupiah

Laporan: Rhoy L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.