Pelatihan Peningkatan Kompetensi Disnakertrans, Siapa saja sasarannya?

0
151
Pelatihan Peningkatan Kompetensi Disnakertrans, Siapa saja sasarannya?
Kepala Seksi Pembinaan Pelatihan Kerja Dinaskertrans Parimo,, Ikhwan, saat beri pelatihan remaja produktif Parimo.

Parimo, gemasulawesi.com Pelatihan berbasis uji kompetensi Disnakertrans Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulteng sasar ratusan remaja tenaga kerja produktif.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Pembinaan Pelatihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Parimo, Ikhwan, di ruang kerjanya, Senin 29 Juli 2019. Ia mengatakan, prioritas pelatihan bagi remaja produktif adalah yang tidak lagi melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi.

“Kami melakukan pelatihan tenaga kerja setiap tahunnya sebanyak tiga kali. Mulai dari tahun 2017 hingga 2019, sebanyak 26 paket kerjasama dengan BLK Makassar,” ungkapnya.

Pantauan di ruang pelatihan tenaga kerja Disnakertrans Parimo. Ratusan remaja pelatihan uji kompetensi tenaga kerja produktif, terlihat antusias mengikuti materi pelatihan yang disampaikan tim pemateri.

Ikhwan melanjutkan, tujuan pelatihan uji kompetensi untuk meningkatkan keterampilan kepada peserta. Agar kelak setelah selesai mengikuti uji kompetensi, dapat diterima sebagai tenaga kerja yang terampil.

“Tenaga kerja terampil siap pakai hasil untuk keperluan dunia usaha atau industri maupun sebagai tenaga kerja usaha mandiri,” jelasnya.

Selain itu para peserta juga dibekali dengan  pembinaan karakter , mental dan kedisiplinan. Dengan melibatkan aparat hukum untuk memberikan motivasi kepada peserta, agar terbina kepribadiannya untuk siap terjun di dunia kerja.

Ia menambahkan, pada Tahun 2019 diprogramkan jumlah tenaga kerja yang ikut pelatihan uji kompetensi sebanyak 112 orang. Terbagi dalam empat jurusan yaitu menjahit dua  paket, tata rias dua paket, servis sepeda motor dua paket dan bengkel las satu paket. Durasi waktu pelaksanaannya selama 35 hari atau 280 jam belajar.

“Diharapkan digelarnya pelatihan uji kompetensi, peserta dapat memanfaatkan waktu dan peluang untuk mengikutinya dengan sungguh-sungguh. Sehingga ilmu pengetahuan yang didapatkan kelak dapat bermanfaat,” tutupnya.

Baca juga: Buka Bursa Tenaga Kerja, Disnakertrans Parimo Gaet PPMI

Laporan: Sidik

Tinggalkan Balasan