Pegawai Honorer Terjaring OTT Pungli SKGR Tanah di Riau

Pegawai Honorer Terjaring OTT Pungli SKGR Tanah di Riau
Foto: Pungli SKGR Tanah di Riau.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesi– Pegawai honorer berinisial SU di kantor Kelurahan Perawang Barat terjaring OTT pungli SKGR tanah di Riau.

“Pelaku SU (37) diamankan Unit Tipidkor Polres Siak hari Kamis 8 Juli lalu. OTT di kantor Kampung Perawang Barat (kantor lurah),” tegas Kapolres Siak, AKBP Gubar Rahadiyanto, Selasa 13 Juli 2021.

Saat penangkapan, pelaku pungli SKGR tanah di Riau telah menerima uang tunai sebesar Rp 3 juta. Uang itu dipakai untuk pengurusan balik nama SKGR di Perawang Barat.

Baca juga: Sindikat Manfaatkan Warga Miskin Jadi Pengedar Narkoba di Kalsel

Selain barang bukti pungli SKGR tanah berupa uang tunai sebesar Rp 3 juta, turut diamankan uang Rp 2,5 juta, 2 bundel dokumen SKGR, buku rekening dan satu unit handphone.

Pungli SKGR tanah di Riau dilaporkan nilainya bervariasi.

“Penangkapan OTT berdasarkan informasi dari masyarakat, dalam pengurusan surat tanah warga dimintai uang. Tarifnya juga bervariasi,” kata dia.

Baca juga: Perbaharui SIAK, Disdukcapil Mamuju Sarankan Warga Ubah KK

Dari informasi itu, personel Unit II Tipikor Reskrim Polres Siak mendatangi kantor kelurah sekitar pukul 14.00 WIB. Terlihat pelaku SU melintas dengan membawa map merah berisi surat dan uang tunai.

“Personel mengintai, kemudian mendapati pelaku SU, seorang honorer staf juru tulis sedang memegang map warna merah dan berisikan dokumen SKGR yang akan dibalik namakan. Termasuk 1 buah amplop putih berisi uang,” imbuh PS Paur Humas Polres Siak, Aipda Dedek Prayoga.

Baca juga: Polisi Minta Warga Bantu Berantas Praktek Pungli di Sulawesi Tengah

Pelaku akui terima uang

Setelah diamankan dan diinterogasi, pelaku mengakui memang benar telah menerima uang sebesar Rp 3 juta untuk pengurusan SKGR. Selain itu, ada uang Rp 2,5 juta yang sudah diterima lebih dulu via transfer rekening.

“Uang tunai tersebut di amplop dalam map dengan dokumen SKGR. Juga di HP pelaku didapati percakapan pesan singkat tentang biaya pengurusan SKGR. Termasuk adanya bukti transfer sebesar Rp 2,5 juta,” katanya.

Baca juga: Saber Pungli Parigi Moutong Lakukan Sosialisasi ke 58 Desa

Atas perbuatannya, pelaku pungli SKGR tanah di Riau berikut barang bukti diamankan ke Polres Siak. Untuk saksi dipastikan telah dimintai keterangan. (***)

Baca juga: Banjir Tomini Parigi Moutong, Enam Rumah Warga Rusak Berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post