Jumat, April 23, 2021

BPS: 2020, Tiga Lapangan Usaha Penyumbang PDRB Parigi Moutong

Must read

Berita parigi moutong, gemasulawesi- Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut tiga lapangan usaha menjadi penyumbang Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, tahun 2020.

“Tiga lapangan usaha terbesar penyumbang PDRB yaitu pertanian 42,61 persen, perdagangan 15,05 persen dan kontruksi 12,72 persen,” ungkap perwakilan BPS Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Syarifudin saat Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan Publikasi Kabupaten Parigi Moutong dalam angka 2021 dan Sosialisasi hasil Sensus Penduduk 2020, bertempat di Hotel Anutapura Parigi, Kamis 4 Maret 2021.

Ia mengatakan, untuk tiga lapangan usaha laju pertumbuhan PDRB Parigi Moutong, Sulawesi Tengah yang terbesar adalah jasa keuangan dan asuransi 14,45 persen, informasi dan komunikasi 8,40 persen dan jasa kesehatan dan kegiatan sosial 7,42 persen.

Diketahui, salah satu sumber utama dari PDRB Parigi Moutong, Sulawesi Tengah adalah hasil transaksi yang dilakukan masyarakat di dalam suatu daerah.

Baca juga: Kota Palu dan Morowali Penyumbang Terbanyak Covid 19

Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan seluruh unit usaha dalam suatu daerah tertentu.

PDRB bisa juga didefinisikan sebagai jumlah nilai barang dan jasa akhir (netto) yang dihasilkan seluruh unit ekonomi.

Berdasarkan penjelasan, dapat dikatakan PDRB adalah jumlah keseluruhan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari semua kegiatan perekonomian di seluruh wilayah dalam periode tahun tertentu, yang pada umumnya dalam waktu satu tahun.

“Penyusunan publikasi dalam angka sangat penting dilakukan, untuk menghimpun dan merumuskan pembangunan bagi Parimo,” sebutnya.

Dalam rangka penyusunan hasil pendataan publikasi kata dia, maka perlu melibatkan beberapa OPD dan Stakeholder di Parimo. Sehingga, diharapkan dapat memahami konsep serta dapat memberikan masukan.

Sementara itu Wakil Bupati Parimo H Badrun Nggai SE menyambut baik dilaksanakannya kegiatan FGD dan publikasi data PDRB Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

“Sebanyak 20 Instansi yang diundang. Saya harapkan bisa memberikan masukan dalam penyusunan Publikasi dalam angka tahun 2021,” tuturnya.

Kata Wabup Badrun, data yang diakui di Indonesia adalah data BPS karena didalamnya lengkap seperti angka harapan hidup, Indeks Pembangunan Manusia dan PDRB Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

“Kita tetap fokus pengentasan kemiskinan, bagaimana masyarakat kita tidak lagi merasakan penderitaan hidup. Industri harus tercipta di Parimo agar potensi ekonomi masyarakat meningkat,” tutupnya.

Baca juga: Kabar Sulawesi Tengah Hari Ini, BPBD Tentukan Titik Kumpul

Laporan: Muhammad Rafii

- Advertisement -spot_img

More articles

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest article