Pastikan Penanganan Darurat Berjalan Optimal, BNPB ke Torue

waktu baca 2 menit

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pastikan penanganan tahap-tahap penanganan darurat bencana optimal, khususnya keselamatan dan pemenuhan kebutuhan dasar warga yang terkena dampak banjir bandang di Parigi Moutong, Kecamatan Torue, Desa Torue.

Hal itu diungkapkan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam keterangan resminya, Sabtu 30 Juli 2022.

“Memastikan keselamatan menjadi prioritas utama dan terpenuhinya kebutuhan dasar warga terdampak,” kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam keterangan resminya, Sabtu, 30 Juli 2022.

Sesuai jadwal, pada pukul 02.30 WIB, Kepala BNPB akan terbang ke Kota Palu dengan menggunakan pesawat. Kemudian lanjutkan perjalanan darat menuju Parigi Moutong.

Baca: Resep Seblak Kuah Pedas Khas Bandung Lezat

Setibanya di Parigi Moutong, Kepala BNPB di jadwalkan berikan arahan di Rapat Koordinasi (Rakor) pastikan penanganan Darurat Banjir Bandang.

Kepala BNPB juga dikatakan meninjau lokasi tersebut juga penyerahan untuk pemulihan pasca bencana.

Turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan, Kakordalops Lukmansyah, Wakakordalops Ary Laksmana, Staf Khusus Kepala BNPB Richard Erlangga, Staf Ahli Kepala BNPB Jahidin Chilo, Plt. Kepala Bidang Komunikasi Data dan Teknologi Informasi BNPB Abdul Muhari.

Berdasarkan data perkembangan kaji cepat, pada Sabtu 30 Juli 2022, banjir juga menyebabkan empat orang hilang dan sekitar 1.800 orang dari 450 KK terdampak. Bencana tersebut juga memaksa sekitar 357 orang mengungsi ke tempat yang aman.

Sebanyak 450 rumah juga terkena dampak, sembilan di antaranya rusak berat dan 33 lainnya rusak ringan hingga sedang. Selain itu, dua tempat ibadah yakni Kantor Desa Torue, Kantor Kecamatan Torue, Kantor PDAM, Kantor PLN dan Tempat Pelelangan Ikan juga terkena banjir dengan ketinggian air berkisar 30 hingga 90 sentimeter.

Tercatat, kondisi banjir saat ini sudah berkurang. Jalan raya dari Transparigi ke Poso dan sebaliknya kini sudah bisa dilalui kendaraan. Dan sebagian dari mereka yang mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing.

Tim Gabungan BPBD Parigi Moutong terus melakukan pencarian orang hilang bersama Basarnas, TNI, Polri, dinas terkait dan relawan.

Selain itu, tim gabungan membantu warga membersihkan puing-puing, lumpur dan sampah yang hanyut terbawa banjir bandang. (*/Ikh)

Baca:Resep Gado Gado Surabaya Gurih Nikmat

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.