Pasokan Hewan Kurban Idul Adha Dipastikan Aman

Pasokan Hewan Kurban Idul Adha Dipastikan Aman
Foto: Illustrasi pasokan hewan kurban.
Jangan Lupa Share

Berita nasional, gemasulawesiDirektur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan memastikan pasokan hewan kurban selama Idul Adha tahun ini dalam keadaan aman.

“Saat ini, pasokan terutama sapi sangat mencukupi, terutama untuk kebutuhan Idul Adha,” ungkapnya melalui siaran pers, Jumat, 16 Juli 2021.

Terdapat penambahan suplai pasokan hewan kurban sapi sebanyak 13 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, sehingga stok total hewan kurban menjadi 1,7 juta ekor.

Baca juga: Harga Sapi Hidup Diprediksi Naik Jelang Idul Adha

Pemerintah akan selalu berupaya menjaga ketersediaan pasokan hewan kurban sapi agar masyarakat dapat menunaikan ibadah kurban dengan tenang.

Selain itu, untuk menjamin stok pasokan hewan kurban tetap tersedia di pasar, Kementerian Perdagangan bertemu dengan perusahaan penggemukan sapi untuk mendapatkan informasi kondisi pasokan yang dimiliki masing-masing perusahaan.

Kemendag juga meminta kepada perusahaan untuk terus mendukung pemerintah dalam menjaga ketersediaan sapi bakalan, agar masyarakat mendapatkan pilihan hewan kurban dengan harga terjangkau.

Baca juga: Parigi Moutong Laksanakan Qurban Ditengah Pandemi Covid-19

Para pelaku usaha penggemukan sapi akan menambah jumlah sapi, yang akan dijual guna mengantisipasi kenaikan permintaan saat periode Idul Adha 2021, jika diperlukan.

“Selain itu, mengingat periode Idul Adha merupakan saat-saat paling ditunggu oleh para peternak, maka para peternak selalu menyiapkan pasokan sapi maupun hewan kurban lainnya khusus untuk menghadapi periode ini,” kata dia.

Jumlah pemotongan hewan kurban menurun

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, hewan kurban tersedia untuk periode Idul Adha 2021 sebanyak 1.767.522 ekor, terdiri atas sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Baca juga: DPR RI Duga Pengadaan Sapi Program 1000 Desa Sapi Bermasalah

Jumlah pemotongan hewan kurban tahun ini diprediksi mengalami penurunan sekitar 10 persen dibandingkan pemotongan pada 2020, mencapai 1.683.354 ekor.

Memperhatikan hal itu, maka masyarakat tidak perlu khawatir adanya kekurangan pasokan hewan kurban sapi pada periode Idul Adha 2021.

“Kami selalu menjaga koordinasi baik dengan Kementan, Satgas Pangan, serta berbagai pihak lainnya dalam memastikan ketersediaan hewan kurban, bagi pemenuhan permintaan masyarakat,” tutupnya. (***)

Baca juga: Kementan Prediksi 10 Persen Penurunan Pemotongan Hewan Kurban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post