Pasien Diduga Terkena Hepatitis Akut Misterius Bertambah 18 Pasien

waktu baca 2 menit

Kesehatan, gemasulawesi – Pasien diduga terkena hepatitis akut misterius di Indonesia bertambah 18 pasien, ini berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) per 11 Mei 2022.

Hal tersebut dijelaskan oleh Dr Mohamad Syahril Direktur Utama Rumah Sakit Sulianti Saroso (RSPI) dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual.

“9 Laki-Laki, 8 perempuan dan satu lagi masih dalam proses verifikasi, dari 18 kasus yang diduga hepatitis akut misterius tersebut,” Jelasnya

Dr Mohammad Syahril juga mengatakan, 18 kasus yang diduga hepatitis akut misterius tersebut tersebar dibeberapa provinsi diantaranya, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Jawa Timur, dan juga DKI Jakarta.

Syahril menjelaskan, 18 kasus tersebut terdiri dari 9 kasus klasifikasi tertunda (dalam pemeriksaan), 7 kasus discarded/disingkirkan, 1 kasus kemungkinan (kemungkinan hepatitis akut) dan 1 kasus menunggu proses verifikasi.

“Dari 18 kasus yang diduga hepatitis akut misterius itu 7 orang pasien sudah meninggal” jelasnya.

Baca: 158 KK Desa Mulat Terkena Dampak Banjir Dari Luapan Air Sungai Lama

Lanjut Syahril, dari segi usia, 6 pasien didominasi oleh anak berumur 5-9 tahun, 4 orang 10-14 tahun, 4 orang 0-4 tahun dan 4 orang 15-20 tahun.

Kemudian, kata dia, gejala dari 18 kasus tersebut antara lain demam, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, diare akut, malaise (lemah dan lesu), nyeri otot, mata kuning, gatal-gatal.

“Dan beberapa diantaranya air urine seperti warna teh, perubahan warna feses dengan sesak nafas,” ucapnya. (*)

Baca: 13 Cara Memulai Bisnis Online Mudah, Praktekkan Sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.