Parimo Siapkan Tiga Pos Penyekatan Larangan Mudik

Parimo Siapkan Tiga Pos Penyekatan Larangan Mudik
Foto: Pos penyekatan larangan mudik.
Jangan Lupa Share

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Pemda Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, siapkan tiga pos penyekatan larangan mudik di wilayah perbatasan.

“Petugas gabungan akan berjaga di pos perbatasan ini. Terdiri dari satuan Polres, BPBD, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP dan TNI,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Parigi Moutong, Arman Maulana, Senin 3 April 2021.

Ia mengungkapkan, pos penyekatan larangan mudik ditempatkan di Moutong sebagai pos perbatasan Sulawesi Tengah dengan Gorontalo.

Kemudian, pos penyekatan larangan mudik lainnya bertempat di Kota Raya sebagai pos perbatasan Parigi Moutong dengan Tolitoli. Serta di Maleali, sebagai pos perbatasan Parigi Moutong dengan Poso.

Baca juga: Parimo Siapkan Enam Titik Pos Terpadu Mudik Idul Fitri 1442 H

“Tiga pos perbatasan itu akan berlakukan larangan mudik jauh lebih ketat,” sebutnya.

Selain pos penyekatan larangan mudik, pihaknya juga menyiapkan tiga pos pelayanan yang ditempatkan di Toboli, Lebo dan satu pos di jalan Trans Sulawesi Kelurahan Bantaya.

“Pos pelayanan itu tujuannya untuk menciptakan kenyamanan terhadap para pengguna jalan yang melintas di wilayah Parigi Moutong pada saat arus mudik,” ujarnya.

Baca juga: Operasi Keselamatan Tinombala 2021 Sulteng: Larang Mudik Lebaran

Fungsinya juga untuk memastikan para pengguna jalan menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker serta mengecek suhu tubuh.

Selain itu, pos pelayanan juga berguna untuk pengecekan kendaraan roda empat. Guna memastikan tidak kelebihan muatan. Contohnya, kapasitas kendaraan 50 persen. Bahkan, pihaknya memberikan penanganan jika terjadi kecelakaan lalu lintas dan sejenisnya.

Baca juga: Pemerintah Kota Palu Himbau Warga Tidak Mudik Hindari Wabah

“Pelaksanaan penyekatan mulai 6 Mei atau H-7 sebelum pelaksanaan hari perayaan lebaran. Tujuannya, untuk menekan peredaran covid 19,” tuturnya.

Terkait pos perbatasan kata dia, saat ini sudah rampung. Sebagaimana hasil rapat koordinasi bersama beberapa OPD dari kabupaten maupun provinsi.

Baca juga: Ini Larangan untuk ASN Jelang Pilkada 2020

Ia menambahkan, pada prinsipnya terkait pos penyekatan larangan mudik, tidak ada lagi masalah dan bersifat final.

“Kami tinggal menunggu penerapan pos yang sudah sepakati bersama,” tandasnya.

Baca juga: Polres Tolitoli Sosialisasi Larangan Mudik

Laporan: Aldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post