Parimo Siapkan Anggaran 20 Miliar, untuk BPJS Warga Miskin

0
54
SHARE

Laporan: Daniel

Parimo, Gemasulawesi.com- DPRD Dan Pemerintah telah sepakat menyiapkan sekitar 20 Miliar Rupiahanggaran tahun 2019, untuk menanggulangi pembayaran BPJS warga kategori miskin di Kabupaten Parigi Moutong.

Selain mendesak DPRD segera mengeluarkan rekomendasi kepada pemerintah Daerah Kabupaten Parimo untuk meminta Nurlaela Harate mundur dari jabatan sebagai direktur RS Anuntaloko Parigi.

Pemberlakuan kembali Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk mendapat pelayanan di RS Anuntaloko Parigi, juga menjadi salah satu tuntutan warga yang tergabung dalam Fron Peduli Masyarakat Miskin Parimo (FPM2P), yang disampaikan Munafri, diruang Paripurna Kantor DPRD Parimo. Senin, 7 Januari 2019.

Terkait hal tersebut, salah satu anggota legislative (Anleg) fraksi Hanura, Arif Alkatiri, saat mendapat kesempatan berbicara membenarkan jika SKTM sudah tidak diberlakukan di Rumah Sakit.

Meski demikian, DPRD bersama Pemerintah Daerah sebelumnya telah bersepakat menyediakan anggaran senilai 20 Miliar rupiah, untuk menanggulangi BPJS seluruh warga kategori miskin di Kabupaten Parimo.

“Jadi perlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bawa ke Dinas Sosial (Dinsos), terbitkan ke BPJS. Kalau dulu, dirawat terlebih dahulu baru terbitkan, kalau sekarang karena sudah dibayar Pemda, langsung terbit,” ujarnya.

Kata ia, sekitar 122 ribu jiwa warga kategori miskin di Parimo, akan mendapat tanggungan dari daerah. Sehingga, tidak diberlakukanya SKTM untuk mendapat pelayanan kesehatan bukan menjadi suatu masalah lagi.

Ia menuturkan, anggaran tersebut dipastikan telah siap, meski DPRD harus menunggu draf yang sementara ini masih dalam proses penyelesaian termaksud data dari pihak terkait, agar pengelolaan anggaran tersebutmemiliki kejelasan dan tepat sasaran.

“Semua sedang dalam proses, termaksud DPRD menunggu data yang jelas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinsos, dan BPJS, orang miskin di Parimo flet, kelas tiga ditanggung Pemda,” Pungkasnya.


SHARE

Tinggalkan Balasan