Parimo Kampanye Gerakan “Ayo Pakai Masker dan Cuci Tangan”

  • Whatsapp
Parimo Kampanye Gerakan Ayo Pakai Masker dan Cuci Tangan Virus corona
Parimo Kampanye Gerakan "Ayo Pakai Masker dan Cuci Tangan" (Foto: Ist)

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Pemda Parimo Sulteng kampanye gerakan “Ayo Pakai Masker dan Cuci Tangan” sebagai edukasi guna menekan penyebaran virus corona yang semakin mewabah.

“Tolong ini menjadi perhatian BPBD untuk memasang baliho Protokol Kesehatan ditempat tempat keramaian,” ungkap Wabup Parimo H Badrun Nggai, saat kampanye gerakan pemakaian masker di halaman Kantor Bupati Parimo, Kamis 10 September 2020.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, melalui publikasi baliho itu warga bisa memahami pentingnya disiplin protokol kesehatan. Khususnya, memakai masker demi menghentikan penyebaran virus corona

Terkait kampanye pencegahan penyebaran virus corona, akan ada surat edaran dari Pemda. Isi edarannya yaitu bagi warga yang mempunyai hajatan agar menyiapkan masker dan alat cuci tangan.

“Ini untuk menjaga warga dari penyebaran pandemi virus corona di tengah-tengah warga,” tandasnya.

Selain kampanye gerakan bersama “Ayo Pakai Masker dan Cuci Tangan” kepada warga Parimo, sekaligus tim gabungan melaksanakan penyemprotan disinfektan ke tempat tempat aktivitas publik.

Selanjutnya, saat melakukan penyemprotan disinfektan di salah satu pusat keramaian Pasar Tagunu Parigi, para Pejabat Pemda dan Forkompimda melakukan pemasangan masker kepada warga yang melintas di pasar itu.

Kampanye itu perlu dilakukan, apalagi banyaknya kasus baru positif virus corona klaster Gorontalo.

Bahkan, Pemda akan mewajibkan rapid test kepada warga yang akan masuk ke Parimo.

Sementara itu, Jubir penanganan virus corona Parimo Irwan mengatakan, kewajiban rapid test itu akan dituangkan ke dalam Surat Edaran dari Pemda untuk memperketat perbatasan.

“Untuk memperketat pengontrolan perbatasan Gorontalo-Parimo, pihaknya melengkapi personel dengan 2000 Alat Pelindung Diri (APD) dari kemenkes,” terangnya.

Selain APD kata dia, Kemenkes juga menyalurkan alat rapid tes dan masker untuk membantu penanganan corona.

Soal munculnya kasus baru positif virus corona di Parimo, pihaknya selalu mengingatkan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Pakailah selalu masker, biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer,” tegasnya.

Ia menambahkan, khusus untuk penegakan disiplin pemakaian masker, Pemda akan menerbitkan Perbup.

Isi dari Perbup itu adalah pemberian sanksi bagi warga yang tidak memakai masker.

“Sanksinya berupa kerja sosial berupa membersihkan fasilitas umum atau sanksi lainnya,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan kampanye itu Kapolres Parimo AKBP Andi Batara Purwacaraka SIK, Pabung Parigi Moutong Mayor Inf F Rompis, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong Abd Azis Tombolotutu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong dr Agus Suryono Hadi, Dandramil 08/Parigi Pelda I Noonan Arnaya dan Kabag OPS Polres Parigi Moutong AKP Junus Acpha.

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.