Parimo Dapat Jatah 139 Formasi Guru CPNS 2019

4
1400
Parimo Dapat Jatah 139 Formasi Guru CPNS 2019
Ahmad Saiful, Kaban BKPSDM Parimo (Foto: Ahmad Nur Hidayat)

Parimo, gemasulawesi.com Pemerintah pusat memberikan jatah 139 formasi guru pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 untuk Kabupaten Parigi moutong (Parimo).

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDMD) Parimo, Ahmad Saiful, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu, 6 November 2019.

“Penerimaan CPNS untuk formasi pengadaan tenaga guru, mendapat kuota terbanyak,” ungkapnya.

Jumlah itu kata dia, berdasarkan keputusan Menpan-RB dari total kuota sebanyak 200 formasi yang disiapkan dari anggaran negara.

Baca juga: Diskriminasi Tujuh Keluarga Parigimpu’u Penerima PKH Parimo

Dia menyebutkan, 139 formasi guru Parigi Moutong tersebar dalam beberapa kategori jabatan sesuai kebutuhan. Yaitu, kategori guru bahasa Indonesia dengan kualifikasi pendidikan minimal Strata satu (S1) sebanyak tiga orang.

“Kemudian, kuota S1 guru bahasa Inggris sebanyak empat orang, S1 Guru IPA 22 orang, S1 Guru IPS 20 orang, S1 untuk guru kelas sebanyak 63 orang dan S1 guru matematika sebanyak 27 orang,” tuturnya.

Sementara itu lanjut dia, formasi CPNS untuk kategori tenaga teknis dibutuhkan berjumlah hanya 23 orang dan tenaga kesehatan sebanyak 38 orang.

Dia mengatakan, sebelumnya Pemerintah daerah (Pemda) Parimo, mengajukan usulan sebanyak 600 formasi CPNS dibutuhkan Pemerintah Kabupaten Parimo. Hal itu berdasarkan hasil Analisis jabatan (Anjab) dan Analisis beban kerja (ABK) yang dibuat Organisasi tata laksana (Ortal) Parimo.

Baca juga: Disdukcapil Kembali Buka Layanan Kependudukan Khusus Warga Suku Bela Parimo

“Mungkin dengan dasar pertimbangan anggaran negara yang akan digelontorkan, Pemerintah pusat melalui Menpan hanya mampu merealisasikan sebanyak 200 saja,” terangnya.

Dia mengatakan, terkait sisa kuota yang dibutuhkan menjadi tanggung jawab daerah untuk memenuhinya.

Menurut dia, Pemda Parimo juga sudah menyatakan diri siap untuk menyelenggarakan seleksi PPPK, demi memenuhi kuota yang dibutuhkan daerah.

Dia menambahkan, rencananya pembukaan pendaftaran CPNS secara serentak akan dilaksanakan pada 11 November 2019, secara online.

“Pemda dan DPRD sudah siap penganggarannya, karena pada saat pengajuan kuota sebanyak 600 itu, diikuti dengan surat pernyataan dari ketua DPRD Parimo. Kami hanya tinggal menunggu pembukaan pendaftaran PPPK,” tandasnya.

Baca juga: Keluhan Krisis Listrik, DPRD Banggai Panggil PLN

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

4 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan