Parimo Bakal Laksanakan Pilkades Serentak

0
76
ilustrasi Pilkades, Gambar (Pasundanekspres.co)
SHARE

Laporan: Muhammad Rafii

Parimo, Gemasulawesi.com- Pemerintah Kabupaten Parimo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), mulai bersiap melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 150 desa secara serentak tahun 2019.

Hal ini disampaikan Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pemerintahan Desa, Riklan, kepada media ini di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, 150 desa tersebut, sebagian besar kepala desanya akan berakhir masa jabatan pada pertengahan tahun 2020, sebagian lagi merupakan kepala desa yang sudah usai masa jabatannya sekitar bulan September sampai dengan Oktober 2018.

Menurutnya, antara tahun 2019 sampai dengan tahun 2020 apabila digabungkan terdapat 150 desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Parimo tahun 2019.

“Untuk Kepala Desa yang akan habis masa jabatannya tahun 2020, wajib mengajukan cuti untuk mengikuti perhelatan Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019,” ujarnya.

Terkait tahapan pemilihan kata ia, akan dimulai dari sosialisasi disejumlah desa terkait, kemudian tahapan persiapan, pemilihan dan sampai pada tahapan pelantikan.

Namun lanjut Riklan, pihaknya belum dapat menentukan waktu yang tepat sampai pihak keuangan daerah Kabupaten Parimo menetapkan pagu anggaran untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Anggaran untuk pemilihan kepala desa serentak sudah kami usulkan ke keuangan daerah, dan sampai saat ini belum ada pagu fix dari mereka,” jelasnya.

Ia menambahkan, Setiap langkah yang diambil oleh Pemerintahan Kabupaten Parimo tentang tahapan serta hal-hal yang mengatur pemilihan kepala desa mengacu pada Permendagri 20 tahun 2018.


SHARE

Tinggalkan Balasan