Home PARIGI MOUTONG Parigi Moutong Usulkan Reward Peraih Penghargaan Polygon

Parigi Moutong Usulkan Reward Peraih Penghargaan Polygon

Parigi Moutong Usulkan Ada Reward Peraih Penghargaan Polygon
Kabag PUM Setda Parimo, Krisdaryadi Ponco Nugroho.

Parigi moutong, gemasulawesi.comParigi moutong (Parimo) usulkan ada reward peraih penghargaan Polygon pada tahun 2021.

“Saya mengusulkan Parigi Moutong untuk mendapatkan reward Polygon, pada rapat kerja bersama Pemprov Sulawesi Tengah,” ungkap Kepala Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat daerah (Setda) Parigi Moutong, Krisdaryadi Ponco Nugroho, di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, salah satu contohnya pada tahun 2019, pihaknya sudah mencapai penghargaan polygon.

Artinya, dalam hal ini seluruh segmen batas kabupaten Parigi Moutong sudah diselesaikan.

Ia mencontohkan, terdapat satu titik pintu gerbang dari provinsi Sulawesi Tengah, yaitu perbatasan dari Kecamatan Moutong dengan Kabupaten Pohuwato.

“Pemerintah diharapkan sekiranya pintu gerbang provinsi itu dapat ditata dengan penataan areanya. Kita sudah mendapat rancangannya, dan desainnya. Sehingga untuk tahun 2021 dapat terwujud,” tuturnya.

Ia melanjutkan, soal interpensi penataanya dapat berbagi. Misalnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah fokus ke pekerjaan fisiknya, sedangkan Kabupaten Parigi Moutong untuk pembebasan lahannya.

Begitu dengan batas-batas acuan atau pilar batas utama (PBU) dari batas-batas antar kabupaten.

“Contohnya, kita ada beberapa titik simpul yang dilalui transportasi darat atau ada jalan darat misalnya di tambu. Tambu itu adalah perbatasan antara Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Donggala,” jelasnya.

Kemudian, di pasir putih itu perbatasan antara Kabupaten Parigi Moutong dengan Toli-Toli. Begitu juga di Kecamatan Sausu perbatasan antara Kabupaten Parigi Moutong dengan Poso.

Di daerah Kebun Kopi juga kata dia, perbatasan antara Kabupaten Parigi Moutong dengan Donggala.

“Semoga diperjelas kembali untuk PBU berdasarkan titik koordinat yang sudah dituangkan dalam Kemendagri,” harapnya

Rapat Kerja Pemerintahan Umum Bahas Sinkronisasi Program 2021

Selain itu, pemerintah umum mengadakan sinkronisasi program dan kegiatan dari biro pemerintahan provinsi dengan bagian-bagian pemerintahan di kabupaten dan kota.

“Kita kemarin di forum itu, pada tahun 2021 pemerintah provinsi akan menyusun RPJMD yang baru dengan adanya gubernur yang baru,” terangnya.

Ia mengharapkan, Pemerintah provinsi dapat menggali usulan daripada program dan kegiatan dari kabupaten dan kota yang mereka butuhkan lima tahun kedepan dalam rangka untuk menyusun data-data rancangan RPJMD yang baru.

RPJMD itu adalah penjabaran dari visi misi calon gubernur yang terpilih yang di turunkan dalam rencana strategis lima tahun. Dalam satu tahunnya diturunkan melalui rancangan kerja.

“Akan tetapi untuk menhimpun itu semua, mereka sudah berencana agar nanti dapat dilinearkan dengan visi misi calon gubernur,” jelasnya.

Ia menambahkan, calon gubernur punya visi misi yang akan diajukan dalam pemilihan. Namun, dalam capaian visi misi itu juga memerlukan isu-isu strategis yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca juga: Satu Orang di Sulawesi Tengah Positif Virus Corona

Laporan: Ince Hidayatullah

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.