Parigi Moutong Target Status KLA Madya di Tahun 2022

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong, Irwan SKM, M.Kes. (Dok. gemasulawesi.com)

Parigi Moutong, gemasulawesi.com- Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, targetkan raih status Kabupaten Layak Anak (KLA) Madya di tahun 2022.

Sebelumnya diketahui, status KLA Pratama disandang oleh Kabupaten Parigi Moutong sejak tahun 2019.

“Parigi Moutong satu-satunya di Sulawesi tengah dari 13 Kabupaten/kota yang berhasil meraih status KLA Pratama. Ini menjadi kebanggaan kita,” tutur Kepala Bappelitbangda, Irwan M.Kes kepada gemasulawesi.com di ruang kerjanya Rabu, 26 Januari 2022.

Baca: 32 Orang Ikuti Assement Jabatan Eselon II Parigi Moutong

Awalnya, pihaknya berencana akan mengejar target status KLA Madya Parigi Moutong di tahun 2023. Namun, kemudian peluang untuk meraih status Madya ada di tahun 2022, sehingga kata dia pihaknya segera berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait.

“Kerja sama menentukan kita bisa menaikkan status pratama menjadi madya KLA. Kalau hanya bappelitbangda sendiri tentu tidak bisa. Karena ada banyak indikator yang harus dipenuhi dan sebagian besar peran beberapa instansi menentukan berhasil tidaknya upaya ini,” terangnya.

Baca: 2021, Parimo Kembali Target Predikat Kabupaten Layak Anak

Lanjut dia, instansi terkait yang turut berperan nantinya dalam meraih status KLA Madya adalah, Dinas Dukcapil, Dinas DP3AP2KB, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial dan Bappelitbangda.

Ia menjelaskan, selain partisipasi dari dinas terkait keterlibatan Organisasi Non pemerintahan juga sangat diperlukan dalam pengembangan status KLA di Parigi Moutong.

Baca: Vaksinasi Siswa di Parigi Moutong Harus Dapat Izin Orang Tua Wali

“Ada wahana misi yang juga ikut berpartisipasi, tidak lupa juga tentu kami sangat membutuhkan dukungan media dalam mensosialisasikan Kabupaten Layak Anak ini,” ujarnya.

Ia berharap, upaya menaikkan status KLA Pratama menjadi KLA Madya bisa terealisasi dengan baik. (fan)

Baca: Parigi Moutong Gelar Pelatihan Konvensi Hak Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.