2Banner GIF 2021

Parigi Moutong Raih Penghargaan Inovasi Gema Cermat

Parigi Moutong Raih Penghargaan Inovasi Gema Cermat
Kepala seksi Farmasi Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Parigi Moutong, Nyoman Sadiawati. (GemasulawesiFoto/MuhammadRafii)

Parigi moutong, gemasulawesi.comKabupaten Parigi Moutong (Parimo) meraih penghargaan inovasi Gema Cermat tingkat Nasional dari Kemenkes.

“Inovasi Program GEMA CERMAT yang dimenangkan Dinas kesehatan (Dinkes) Parigi Moutong, adalah melahirkan Buku Cerita anak bergambar berjudul Seri Apoteker Cilik,” ungkap Kepala seksi Farmasi Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Parigi Moutong, Nyoman Sadiawati, di ruang kerjanya, Senin 3 Maret 2020.

Ia melanjutkan, awalnya inovasi itu adalah masukan dari Apoteker Puskesmas Ongka. Kemudian, untuk program Gema Cermat itu, pihaknya bekerja sama dengan Disdikbud Parigi Moutong untuk masuk dalam Program Gerakan Literasi sekolah.

Buku itu kata dia, memiliki tiga seri. Diantaranya, buku seri pertama berjudul “Imajinasi Tidak Takut Minum Obat”. Buku seri yang pertama ini merupakan buku mewarnai, beserta cerita dan gambar.

Buku seri pertama ini sudah diberikan kepada Kepala Disdikbud dan Kadis Kesehatan Parigi Moutong.

“Buku seri kedua berjudul mengenal anti biotik. Dan buku seri yang ketiga berjudul obat bukan permen,” jelasnya.

Rencananya, buku itu akan diperbanyak untuk digunakan diliterasi pada jam pertama pembelajaran sekolah dengan durasi waktu 15 menit. Anak-anak akan bisa membaca 3 seri buku itu.

Tujuannya, agar memberikan pemahaman kepada anak. Terkait pengenalan obat bukan permen. Buku ini akan diperkenalkan kepada anak-anak tingkat SD.

Ia mengatakan, buku itu dapat diperoleh di seksi kefarmasian Dinkes Parigi Moutong dan IAI (Ikatan Apoteker Indonesia).

“Gema Cermat itu dievaluasi mulai dari tingkat provinsi hingga nasional. Parigi Moutong meraih peringkat dua di Provinsi Sulteng dan peringkat ketiga ditingkat nasional,” terangnya.

Besok lanjut dia, Tim Master AOC Dinkes Parigi Moutong, Kepala Seksi Kefarmasian dan Ketua PC IAI Parigi Moutong akan berangkat ke Banjarmasin untuk menerima penghargaan pada Rapat koordinasi nasional (Rakornas) Kefarmasian dan Alat kesehatan (Alkes).

“Pihaknya merasa bangga kepada seluruh teman-teman Apoteker dan TTK di Parigi Moutong. Yang sangat gigih bekerja, walaupun daerah kerjanya yang terbentang jauh. Alhamdulillah, kami bisa menang berkat kerja sama yang kompak dari semua tim,” tutupnya.

Baca juga: Berikut Program Prioritas Disnakertrans Parigi Moutong 2020

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post