Parigi Moutong Nihil Covid-19

waktu baca 6 menit
Jubir Gugus Tugas Covid-19 Parimo, Irwan, SKM.

Berita parigi moutong, gemasulawesiMenurut perkembangan covid-19 terkini, Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah nihil kasus virus corona.

“Sudah sekitar seminggu, sejak kasus pasien sembuh covid-19 terakhir, beralamat Kecamatan Torue, beridentitas Provinsi Bali,” ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan Virus Corona, Irwan SKM, di ruang kerjanya, Jumat 10 Juli 2020.

Meski sudah nihil kasus covid-19 kata dia, Parigi Moutong masih menunggu rilis resmi dari Gugus Tugas Nasional untuk dapat dimasukkan kedalam zona hijau risiko covid-19.

Menurutnya, penentuan zona pada daerah-daerah itu berdasarkan pada pengumpulan data dan kajian maupun analisis dari tim pakar Gugus Tugas Nasional Covid-19.

Definisi zona merah yang ditetapkan Gugus Tugas adalah wilayah yang memiliki tingkat risiko tinggi Covid-19.

Kabupaten dan kota yang berada di zona merah transmisi lokal Covid-19 kerap terjadi dengan cepat.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah memetakan tingkat risiko penyebaran Covid-19 pada setiap kabupaten dan kota di Indonesia.

Ada tiga kategori wilayah Covid-19 berdasarkan pemetaan tersebut yakni zona merah, zona oranye, zona kuning, dan zona hijau.

Zona hijau Covid-19 berarti kabupaten dan kota yang belum terdampak Covid-19, zona kuning berarti kabupaten dan kota dengan tingkat risiko rendah dan zona oranye berarti kabupaten dan kota dengan tingkat risiko sedang.

Sedangkan zona merah berarti kabupaten/kota dengan tingkat risiko yang tinggi. Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, ada sejumlah indikator yang digunakan untuk menentukan pemetaan tersebut.

Baca: Ini Dia 10 Tempat Wisata Kediri yang Wajib kamu Kunjungi

Indikatornya yakni, penurunan jumlah kasus positif Covid-19 dan jumlah kasus probable (ODP dan PDP), penurunan jumlah kasus positif dan probabilitas yang meninggal dunia serta dirawat di rumah sakit.

Kemudian, kenaikan jumlah sembuh dari kasus positif Covid-19 dan kenaikan jumlah selesai pemantauan dari probabilitas serta jumlah pemeriksaan spesimen yang meningkat selama dua minggu. Terakhir, positivity rate atau jumlah sampel yang dinyatakan positif hanya lima persen serta angka reproduksi efektif di bawah satu.

“Gugus tugas penanganan virus corona Parigi Moutong, tetap mempertahankan penerapan protokol kesehatan kepada setiap aspek kehidupan warga,” urainya.

Tujuannya, untuk menjaga kondisi Parigi Moutong saat ini bebas dari corona atau nihil kasus covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.