Parigi Moutong Hadirkan Aplikasi Simading

  • Whatsapp
Parigi Moutong Hadirkan Aplikasi Simading
Aplikasi SIMADING- Tim teknis stunting Parigi Moutong koordinasi terkait aplikasi SIMADING ke beberapa OPD terkait di aula Kantor Bappelitbangda Parigi Moutong, Kamis 20 Februari 2020.

Parigi moutong, gemasulawesi.comKabupaten Parigi Moutong (Parimo) menghadirkan aplikasi guna merancang manajemen data terkait stunting, bernama SIMADING (Sistem Manajemen Data Stunting).

“Hari ini kami mengundang OPD terkait program stunting, untuk mendengar apa kebutuhannya terkait aplikasi SIMADING itu,” ungkap anggota Tim Teknis Stunting Parigi Moutong, Irdan di ruang kerjanya, Kamis, 20 Februari 2020.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, rapat koordinasi itu berkaitan dengan intervensi stunting. Dalam rangka aksi ke enam yaitu manajemen data.

Harapannya, pada aplikasi itu sudah terbaca masalah stunting di desa dan cara intervensinya.

Pihaknya bersama OPD terkait telah menyusun jadwal untuk melaporkan penggunaan dana DID stunting. Hal itu akan langsung masuk di aplikasi keuangan. Dan ditetapkan harus selesai pada 24 Februari 2020.

“Kami juga akan review program pada 25 Februari 2020 untuk seluruh OPD terkait. Sebelumnya dokumen reviewnya sudah masuk kepada tim teknis stunting Parigi Moutong,” tuturnya.

Baca juga: Jaga Stabilisasi Harga, Disperindag Kabupaten Parigi Moutong Pantau Pasar

Sebelumnya, Tim teknis stunting Parigi Moutong yang berada di Badan perencanaan pembangunan dan penelitian (Bappelitbangda) mengatakan bertugas mengontrol jalannya program dan kegiatan stunting.

“Kami yang berada dalam tim teknis bertugas menghimpun seluruh out put kegiatan stunting dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelaksana program stunting,” jelasnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih menganalisis beberapa pelaksanaan kegiatan stunting pada tahun 2019. Diketahui, masih ada beberapa program aksi stunting yang masih sementara berjalan.

Dari hasil analisis itu lanjut dia, akan diketahui kekurangan dari pencapaian kegiatan stunting dari setiap OPD. Sehingga, setiap OPD dapat segera membenahi kekurangan yang disampaikan Tim Teknis Stunting Parigi Moutong.

Ia menambahkan, ada sepuluh desa yang menjadi lokus stunting Parigi Moutong tahun 2019. Tim analisis akan mengevaluasi apakah angka stunting di daerah itu menurun.

“Tim juga menganalisa apakah program yang disusun setiap OPD sudah berdampak pada sasaran yang ingin dicapai,” tutupnya.

Baca juga: Jumlah Penduduk Kabupaten Parigi Moutong Capai 482.794 Jiwa

Laporan: Muhammad Rafii

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.