Banner Disperindag 2021 (1365x260)

Parigi Moutong Gelar Operasi Yustisi Prokes Covid-19

Parigi Moutong Gelar Operasi Yustisi Prokes Covid-19
Foto: Operasi Yustisi Prokes Covid-19 di Parigi Moutong.

Berita sulteng, gemasulawesi– Tim Satgas gabungan di Kabupaten Parimo, Sulteng, gelar operasi yustisi Prokes covid-19.

“Operasi itu dilaksanakan di beberapa titik,” ungkap Kepala Sekretariat Tim Satgas Penanganan Covid-19 Parigi Moutong, Idran kepada wartawan, Kamis 14 Juli 2021.

Pelaksanaan operasi yustisi Prokes covid-19 di Parigi Moutong untuk sosialisasi dan edukasi warga terhadap penerapan pengetatan Prokes ditengah pandemi.

Baca juga: Ratusan Warga Parimo Terjaring Operasi Yustisi Gabungan

Pelaksanaan operasi yustisi Prokes covid-19 dilakukan guna menindaklanjuti surat edaran Gubernur Sulteng dan Bupati Parigi Moutong. Sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran pandemi. Sebab wilayah Parigi Moutong saat ini kembali berada di zona orange.

“Operasi digelar di bundaran tugu Merkuri Keluarahan Masigi dan di depan BNI Kecamatan Parigi,” sebutnya.

Dalam sosialisasi itu, masyarakat diingatkan kembali untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan, dengan tetap menggunakan masker saat keluar rumah. Serta, membatasi aktifitas diluar rumah, dan menghindari kerumunan.

“Saat pelaksanaan operasi itu kami juga siapkan masker untuk diberikan kepada warga,” sebutnya.

Operasi yustisi Prokes covid-19 dilakukan hingga tiga bulan kedepan. Dalam sebulan pelaksanaan operasi dilakukan sebanyak enam kali, pada waktu pagi dan sore hari. Untuk memberikan efek jera, bagi pelanggar akan diberikan sanksi, seperti push up.   

Kemudian, operasi Yustisi juga dilakukan untuk mengingatkan para pemilik café, rumah makan, tempat hiburan dan pusat perbelanjaan, untuk pembatasan beroperasi hingga jam 22:00 Wita.

“Kami tidak memberikan sanksi denda. Sanksi terberat adalah push up, membacakan Pancasila, dan menyanyi,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan operasi yustisi Prokes covid-19 itu dilibatkan seluruh unsur dalam Tim Satgas Penanganan Covid-19, yakni, BPBD, Dinas Kesehatan, Satpol PP, TNI dan Polri.

Baca juga: 35 Warga Terjaring Operasi Yustisi di Banggai

Parigi Moutong Gelar Operasi Yustisi Prokes Covid-19
Foto: Kalak BPBD Parigi Moutong, Idran.

Surat edaran pengendalian covid-19

Sebelumnya, Bupati mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor : 443.1/1823/BPBD, tentang upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Surat edaran Bupati itu dikeluarkan, untuk menindaklanjuti surat edaran Gubernur Sulawesi Tengah nomor: 443/545/DINKES tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di wilayah kecamatan, desa dan kelurahan.

Baca juga: Tidak Terkendali, Kota Palu Terus Alami Penambahan Positif Covid 19

Laporan: Novita Ramadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post