Parigi Moutong Dapat Jatah Bantuan 200 Miliar Rupiah KUR Petani

0
212
Parigi Moutong Dapat Jatah Bantuan 200 Miliar KUR Petani
Dana KUR Petani Parigi Moutong- Kementan beri jatah 17 program bantuan bagi Petani Parigi Moutong, termasuk dana KUR 200 Miliar Rupiah. Kegiatan pemberian bantuan secara simbolis dilakukan di Dinas Pertanian Parigi Moutong, Minggu, 12 Januari 2020.

Parigi moutong, gemasulawesi.com– Kementrian Pertanian (Kementan) memberikan jatah bantuan 200 miliar Rupiah KUR untuk petani Kabupaten Parigi Moutong beserta belasan program lainnya.

“Beberapa program bantuan untuk petani dalam bentuk Gapoktan, akan masuk ke Parigi Moutong,” ungkap Ahmad M Ali Anggota DPR-RI asal Partai Nasdem, saat reses beserta kunjungan Tim Kementan di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan, Parigi Moutong, Minggu, 12 Januari 2020.

Ia melanjutkan, negara harus hadir ditengah-tengah warga, terkhusus untuk menyelesaikan masalah petani. Persoalan saat ini adalah sulitnya pupuk, bibit benih, murahnya harga jual. Menurutnya, berbagai permasalahan mesti diselesaikan secara bersama.

Pada kesempatan itu juga, ia sampaikan kepada Kepala Dinas Pertanian Parigi Moutong, Nelson, bantuan itu adalah program dari Kementan berdasarkan proposal petani yang telah masuk kepada pihaknya di komisi empat DPR-RI.

Jadi, jangan sampai bantuan ini tidak sampai atau beralih kepada yang tidak memasukkan proposal diawal. Itu bukan bantuan bersumber dari DAK Reguler, melainkan bantuan langsung ke petani.

Ini bantuan programnya:
1. Traktor roda empat untuk petani sebanyak 30 unit
2. Pompa air 25 unit
3. Ekskavator 1 unit
4. Sapi 200 ekor
5. Kambing 400 ekor
6. KUR Petani Parigi Moutong sebanyak 200 miliar Rupiah
7. Bibit Bawang merah untuk petani seluas 100 hektare dan pupuk serta pengendalian OPH
8. Bawang putih 50 hektar
9. Aneka bibit cabai 250 hektar
10. Benih jagung 10rb hektar
11. Benih padi 5000 hektar
12. Sarpras kombine 10 unit
13. Peremajaan tanaman kakao 300 hektar, benih 300rb batang, pupuk organik 60 ton.
14. Penerapan PHT Kakao 150 hektar
15. Peremajaan kelapa 200 hektar
16. Benih jagung komposit varietas unggul Balitbang 250 hektar plus pendampingan teknologi
17. Benih padi varietas unggul Balitbang 400 hektar

“Dana KUR adalah bantuan untuk mengurai ketergantungan dengan tengkulak. Pasalnya, petani sudah berutang sebelum menanam. Sehingga, profit petani bisa berkurang,” tegasnya.

Sementara itu, Staf khusus Kementan, H Lutfi Halide mengatakan kalau dimungkinkan bantuan segera direalisasikan. Ia memohon petani yang belum membentuk kelompok agar segera membuat poktan atau Gapoktan. Pak Mentan sudah menandatangani Permentan menyangkut alokasi pupuk untuk  petani di Sulawesi Tengah termasuk Parigi Moutong.

Mari secara bersama kata dia, mewujudkan kesejahteraan petani dengan memanfaatkan moment kehadiran anggota DPR-RI, Ahmad M Ali. Visinya, mewujudkan Parigi Moutong sebagai sentra penghasil bahan pangan di Indonesia.

“Masalah pemasaran dan bantuan modal petani, kita janji akan bantu. Sudah ada penandatangan MoU untuk bantuan KUR petani,” tutupnya.

Baca juga: Ahmad Hi M Ali Dukung Parigi Moutong Jadi Penyangga Utama Pangan Ibu Kota Baru Indonesia

Laporan: Muhammad Rafii

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here