Pemda Parigi Moutong Canangkan Palasa Bebas Malaria 2021

  • Whatsapp
Pemda Parigi Moutong Parimo Sulawesi Tengah Sulteng Canangkan Palasa Bebas Malaria 2021
Pemda Parigi Moutong Canangkan Palasa Bebas Malaria 2021 (Foto: Pemda)

Berita parigi moutong, gemasulawesi Pemerintah daerah (Pemda) Parigi Moutong Sulawesi Tengah canangkan Kecamatan Palasa bebas malaria tahun 2021.

“Rencana tindak lanjut yang disetujui antara lain kepedulian Pemerintah desa setempat, mengalokasikan dana desa untuk mengendalikan vektor nyamuk Anopheles,” ungkap Wakil Bupati Parigi Moutong Badrun Nggai, saat membuka sekaligus memberikan materi kegiatan upaya membangun komitmen bersama Camat Palasa, para Kepala desa, tokoh adat, tokoh agama dan warga, di ruang pertemuan Kantor Camat Palasa, Rabu 5 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Nantinya kata dia, kegiatan Kecamatan Palasa Parigi Moutong bebas malaria tahun 2021 berupa pelaksanaan penyemprotan nyamuk malaria, pengadaan kelambu anti malaria di desa terpapar, pemberantasan sarang nyamuk melalui jumat bersih.

“Kesepakatan ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh untuk mewujudkan visi dari Kecamatan Palasa bebas malaria pada tahun 2021,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan eliminasi malaria merupakan suatu upaya untuk menghentikan penularan malaria setempat dalam satu wilayah geografis tertentu.

Namun, tidak menutup kemungkinan ada kasus serupa di setiap wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

“Penyebaran malaria tidak mengenal batas wilayah administrasi, maka membebaskan masyarakat dari malaria (eliminasi malaria) memerlukan komitmen global, regional dan nasional,” jelasnya.

Ia menghimbau kepada warga, harus mewaspadai berbagai penyakit menular lainnya. Terlepas dari penularan penyakit malaria.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.