Panwascam Ampibabo Bakal Sanksi Kades Ampibabo

0
52
SHARE

PARIMO, Gemasulawesi.com- Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Ampibabo temukan dugaan pelanggaran dilakukan oknum Kades Ampibabo, Ahyar yang dengan terang terangan memfasilitasi kampanye salah satu Paslon Bupati. Pihak Panwascam sendiri akan serius menyikapi persoalan tersebut.

Anggota Panwas bagian devisi pengawasan Sumarno yang ditemui media Selasa (20/03) mengatakan, pihaknya telah menemukan salah satu kades yang berpolitik, dengan sengaja memfasilitasi tempat sampai dengan estimasi anggaran serta melibatkan aparat desanya untuk mengumpul massa yang akan berkampanye. Padahal kata dia, Ahyar adalah kades aktif yang baru saja terpilih untuk yang kedua kalinya. Aksi Ahyar sendiri jelas sekali telah melanggar Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri No 273/3772/JS tertanggal 11 Oktober 2016 sebagai penegasan Pasal 70 Undang-Undang (UU) No 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU No 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu No 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi UU.

“Sudah jelas larangan yang dituangkan lewat UUD melalui surat edaran Mendagri, tetapi masih juga dilanggar,” tegas Sumarno.

Tidak hanya itu, untuk wilayah Ampibabo tercatat sekitar delapan desa yang terindikasi melakukan politik praktis, hanya saja masih bisa diberikan arahan. Namun Ahyar selaku kades Ampibabo kasusnya yang terberat karena mengendalikan langsung proses kampanye salah satu kandidat.

Sementara itu Kades Ampibabo, Ahyar yang dikonfirmasi media ini terkait persoalan tersebut Via Telpon belum berkenan memberikan tanggapannya.

Laporan: Tommy Noho


SHARE

Tinggalkan Balasan