Apa yang Membuat Pantai Sawarna Berbeda?

waktu baca 6 menit
Ket Foto: Pantai Sawarna. (Foto/Istimewa)

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Indonesia adalah satu dari sekian banyak negara yang kaya akan destinasi wisatanya. Mulai dari danau, lembah, pegunungan hingga pantai. Yang mana, pantai adalah salah satu yang paling popular, mengingat Indonesia adalah negara maritim yang dikelilingi oleh perairan. Dan dari ketujuh pulau induk di Indonesia, semuanya menyediakan panorama pantai yang mengagumkan. Salah satunya pantai Sawarna yang ada di Banten ini.

Garis pantai ini pun juga ditemukan di wilayah Jawa bagian barat, tepatnya di Banten dengan Pantai Sawarna sebagai primadonanya. Pantai ini merupakan salah satu kawasan wisata akuatik yang menyimpan segudang potensi. Lalu apa yang membuat pantai ini berbeda dari pantai-pantai lain di Indonesia? Simak ulasan berikut ini.

Pesona Pantai Sawarna

Pantai Sawarna terletak di desa Sawarna, kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Banten, Jawa Barat. Pantai ini menyimpan segudang keindangan yang siap untuk kamu kunjungi dan nikmati keindahannya.

Tak lupa, untuk memberikan kenyamanan pengunjung, pantai ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Misalnya toilet, penginapan di sekitar pantai, serta tempat makan untuk memenuhi segala kebutuhanmu saat melepas penat di kawasan eksotis ini. Lalu apa yang membuat Pantai Sawarna unik? Berikut penjelasannya:

  1. Garis Pantai yang Panjang

Yang membuat pantai ini berbeda adalah terdapatnya gugusan pilihan pantai serta gua Lalay yang siap untuk kamu jelajahi. Setidaknya ada tujuh garis pantai yang tersedia. Deretan Pantai Sawarna meliputi Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Teraje, Pantai Karang Bereum, Pantai Teluk Lagon Pari, Pantai Bukit Cariang serta Pantai Pulo Manuk.

Dari ketujuh pilihan pantai tersebut, Pantai Ciantir memiliki garis pantai yang paling panjang dan wilayah bermain yang lebih luas dengan pasir putihnya yang memikat. Sehingga untuk kamu yang tidak memungkinkan untuk berlama-lama kabur dari kehidupan sebagai budak korporat, maka pantai ini adalah pilihan yang paling cocok untukmu. Pilihan pas untuk sekadar berselonjor atau bermain bola voli dengan teman-temanmu.

Jadi apabila dihitung secara matematis, garis pantai wisata Sawarna adalah sepanjang 65 km yang dihiasi dengan berbagai karang dan pasir putih yang sangat ampuh untuk memulihkan mental dari kegilaan bekerja keras di kantor.

Baca: Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Indonesia

  1. Garangnya Pesona Ombak Laut Selatan

Adapun pesona lain dari Pantai ini adalah faktanya yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang ganas dan gagah membelah lautan. Sehingga tidak mengherankan banyak peselancar berdatangan di wilayah wisata ini untuk menikmati sensasi berdansa dengan alam.

Tapi apabila kamu tidak berminat untuk berselancar, tapi ingin mendengar gemuruh kemarahan laut, maka kamu bisa menuju Karang Taraje. Ia dilengkapi dengan karang yang bertingkat-tingkat seperti tangga. Di kawasan dengan tebing setinggi 5 meter ini, kamu akan mendengar gempuran ombak laut selatan menabrakkan dirinya di tebing-tebing tak bergeming yang juga keras kepala.

  1. Sawarna dan Sang Pelukis Starry Night

Selanjutnya, disebutkan bahwa wilayah ini memiliki keterikatan dengan keluarga salah satu seniman terkenal dari Barat, membuat wilayah ini semakin seksi untuk terdengar. Dikatakan bahwa di sini, kamu bisa menemukan kuburan sepupu Vincent van Gogh, sang pelukis jenius yang sangat berpengaruh hingga abad sekarang.

Ia bernama Jean Louis van Gogh yang berkebangsaan Belanda. Ia dulunya memiliki cita-cita untuk memajukan wilayah Sawarna, dan setelah sekian lama, wisata ini perlahan memang telah meletakkan namanya di jajaran wisata popular baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

  1. Panorama Alam yang Beragam

Selain pantai, kamu juga bisa menemukan pemandangan seperti sungai-sungai dengan airnya yang segar dan jernih, pegunungan, serta lahan cocok tanam masyarakat sekitar. Sehingga sangat disarankan untuk menyewa jasa pemandu wisata jika kamu benar-benar ingin mengenal lebih jauh tentang Kawasan ini.

Baca: Empat Puskesmas Tutup Layanan Rawat Inap di Parimo

Yang dengannya, selain demi menemani perjalan healing-mu, dengan memberikan informasi-informasi penting tentang Pantai Sawarna, menunjukkan tempat-tempat tersembunyi serta memastikan perjalannya supaya tidak tersesat, juga untuk menjagamu dari upaya pungutan liar yang tidak penting dan mengganggu.

  1. Pantai Sawarna dan Matahari

Salah satu hal wajib bagi para pelancong yang memilih pantai sebagai tempatnya melepas penat adalah pemandangan matahari terbit dan terbenam. Beruntungnya, karena wilayahnya yang cukup kompleks dan panjang, maka kamu bisa menyaksikan kedua fenomena mengagumkan tersebut dengan jelas.

Apabila kamu ingin melihat pemandangan saat Tuhan mengembalikan kemilau cemerlang mentari dari ufuk timur, maka pantai Karang Bereum adalah posisi yang paling strategis. Sedangkan jika kamu ingin melihat betapa cantiknya semburat sang mega saat matahari kembali keperaduannya, maka Pantai Tanjung Layar adalah yang paling sempurna dengan tebing tingginya yang memukau.

Baca: Sebut Ada Intimidasi Terhadap Tim KPK, Alasan Harun Tidak Ditangkap

  1. Gua Lalay yang Dalam

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa objek wisata ini juga diciptakan dengan gua sebagai daya tariknya yang lain. Gua ini bernama gua Lalay yang cukup dalam. Tapi wisatawan hanya diperbolehkan untuk merangsek masuk ke dalam perut bumi hingga kedalaman 300 meter saja.

Mengapa bisa sedemikian dalam? Karena gua ini dulunya terendam oleh air dan merupakan bagian dari sekian banyak rahasia kedalaman laut yang tak akan pernah cukup untuk dikagumi.

  1. Murah Meriah dengan Fasilitas Pendukung

Untuk kamu yang berencana untuk menambah Pantai Sawarna ke dalam bucket list-mu, maka kamu tidak perlu menabung terlalu lama. Biaya akses masuk ke kawasan ini sangat terjangkau.

Cukup dengan biaya masuk Rp 5.000 serta biaya parkir Rp 2.000, kamu sudah bisa berlarian di destinasi wisata yang diklaim sebagai kawasan paling indah di Lebak, Banten ini. Tak lupa, jika kamu berencana untuk menyewa jasa pemandu supaya liburanmu semakin mantab, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 60.000.

Mengingat kawasannya yang cukup luas, maka telah disediakan beberapa titik pos masuk yang siap untuk menyambutmu kapanpun selama 24 jam mulai dari Senin hingga Minggu. Pos-pos tersebut meliputi:

Baca: Telaga Sarangan Wisata Favorit Indonesia

  1. Pantai Tanjung Layar dan Pantai Pasir Putih
  2. Pantai Goa Langir
  3. Karang Bokor
  4. Legon Pari
  5. Goa Lalay, serta
  6. Pantai Pulo Manuk

Jadi kamu bisa memilih untuk masuk lewat pintu mana saja untuk menikmati keindahan alam di kawasan Jawa bagian Barat ini.

Sedangkan untuk kamu yang berniat untuk bermalam dan merasa perlu untuk tinggal beberapa saat di wisata Pantai Sawarna, maka kamu tidak perlu khawatir dengan penginapan.

Penginapan yang tersedia seperti Homestay Aura, Villa Family, Pondok Ciatir, Little Hula Hula. Sebagian besar penginapannya berbentuk rumah tinggal, namun ada juga pilihan berupa motel yang tersebar di kawasan sempit berkelok menyerupai labirin yang menyenangkan.

Sejauh ini, telah tersedia kurang lebih 100 homestay serta 50 penginapan. Hal ini tentunya merupakan sebuah potensi wisata yang sangat menjanjikan, semenjak pemekaran wisata Pantai Sawarna pada tahun 2000-an silam.

Yuk, Kunjungi Pantai yang Mempesona di Banten Ini!

Jadi demikianlah sekelumit cerita tentang pesona Pantai Sawarna yang unik. Segeralah berkemas karena objek wisata eksotis ini telah menantikan kedatanganmu. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati serta menjaga diri saat mengunjungi tanah indah ini. Jika Pantai Sawarna belum cukup untuk destinasi wisata liburannya. Kamu bisa menemukan tempat wisata lain menarik lainnya dari blog kami ini. (*/Fan)

Baca: 10 Spot Wisata Bengkulu Paling Ngetren Saat Ini

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.