Kenapa Pantai Mosing? Ini Penjelasan Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu

Ada Apa Dengan Pantai Mosing? Begini Penjelasan Bupati Parigi Moutong
Sumber Foto/ Fardi Tim

Kupas Tuntas, gemasulawesi- Pantai mosing terletak di wilayah utara Kabupaten Parigi moutong tepatnya di Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan. Bagi sebagian besar orang jarak tempuh ke Pantai Mosing hanya sekitar 1 jam setengah. Jaraknya dari ibu kota kabupaten kurang lebih 130 km.

Tapi bagi saya butuh waktu 2 jam lebih untuk sampai. Sehubungan memang fisik saya yang kesehatannya tidak fit dan saya juga mabuk perjalanan darat sehingga laju mobil hanya 60-70 km/jam.

Read More

Sudah lama saya ingin berkunjung dan melihat sendiri ada apa sebenarnya di pantai mosing? Tempat itu kerap menjadi perdebatan. Membuat saya penasaran. Sejumlah tudingan dari kalangan yang kontra dengan keberadaan tempat tersebut maupun argumentasi pembelaan dari kubu yang pro menjadi topik yang tidak ada habisnya untuk dibahas di Warung kopi.

Keberangkatan kami, terdiri dari sejumlah wartawan media cetak maupun media online kesana juga tidak lepas dari hujatan maupun kritikan baik dari kalangan internal maupun kalangan luar. Bagi saya, pendapat maupun kritikan dari kalangan itu, ada sisi positifnya. Setidaknya dengan kritikan maupun hujatan yang muncul akibat kunjungan itu bisa menjadi alarm, agar saya tidak melupakan apa tugas pokok dan fungsi sebagai seorang jurnalis.

Pertemuan saya kali ini dengan bupati Parigi moutong, Samsurizal Tombolotutu, untuk kali pertama sejak pertemuan terakhir saya di tahun 2013. Kurang lebih tujuh tahun tidak bertatap muka dengan Bupati Samsurizal Tombolotutu.

Kedatangan kami disambut baik dan ramah, walaupun selama ini kami terhitung sebagai wartawan yang kerap kali mengkritisi melalui tulisan sejumlah kebijakannya.

Kedatangan kami juga agak sedikit lambat, awalnya direncanakan siang sudah tiba di Mosing desa Siney kemudian bergeser menjadi sore hari.

Selain wartawan, kebetulan ada kawan kawan dari Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA) Kabupaten Parimo juga di pantai mosing saat itu sehingga suasana bisa lebih rileks.

Kemana Arah Dukungan Politik Samsurizal Tombolotutu Pada Pilgub 2020?

Pertemuan diawali dengan diskusi ringan tentang perkembangan situasi politik Sulawesi tengah terkait Pilgub 2020 maupun terkait isu birokrasi Parigi moutong.

Ketua HPA Parigi moutong, Syafii Damar yang akrab disapa Apik dalam kesehariannya, membuka diskusi ringan dengan pertanyaan terkait arah dukungan Bupati Parigi moutong Samsurizal Tombolotutu dalam perhelatan Pilgub nanti.

Menanggapi pertanyaan itu, Samsurizal Tombolotutu menegaskan tidak ingin lagi terlibat dalam dunia politik.

“Saya ingin fokus saja mengurus sisa masa jabatan sebagai Bupati Parimo. Sudah cukup rasanya karir politik saya menjabat Bupati selama dua periode,” terangnya di Mosing Kamis 9 Juli 2020.

Rasa penasaran Apik belum terjawab. Ia kembali menanyakan tentang isu kunjungan bupati Parimo pada sejumlah Kabupaten di Provinsi Sulawesi tengah, apakah itu pertanda akan majunya Samsurizal mendampingi salah satu kandidat Gubernur?

Kembali Samsurizal Tombolotutu menegaskan ketidak inginannya terlibat lagi dalam urusan politik, ada alasan tersendiri terkait kunjungannya pada sejumlah Kabupaten di Sulteng tersebut.

“Ada pengusaha tambak yang lagi mencari lahan 5000 hektar di Sulawesi tengah, kebetulan kenalan saya. Jadi saya membantu mengkomunikasikan ke beberapa Kabupaten itu. Hanya itu maksud kunjungan saya. Tidak ada tendensi politik,” terangnya sambil tertawa.

Pertanyaan Apik selanjutnya adalah, bagaimana jika ada penawaran dari salah satu kandidat Pilgub untuk menjadi tim pemenangan di Parigi moutong?

Samsurizal Tombolotutu menjawab, tidak ingin menjadi tim sukses siapapun. Urusan politik sepenuhnya tidak ingin lagi diurusnya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.