fbpx

Pansus Covid-19 Usul Rapid Tes Gratis Merata di Parimo

waktu baca 3 menit
(Foto: Ketua Pansus Covid-19 DPRD Parimo Sutoyo, dok. pribadi)

Berita parigi moutong, gemasulawesi– Panitia khusus (Pansus) covid-19 DPRD Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengusulkan rapid tes gratis merata.

“Jangan hanya menggratiskan rapid tes untuk para sopir taksi saja,” ungkap Ketua Pansus Covid-19 DPRD Parimo, Sutoyo, di Kantor DPRD Parimo, Selasa 13 Oktober 2020.

Terlepas dari itu kata dia, pihaknya mengapresiasi upaya pemerintah setempat menggratiskan rapid tes bagi sopir angkutan umum.

Hal ini dinilai sebagai loncatan dialetika maju yang dilakukan pemerintah daerah atas penanggulangan penyebaran covid-19.

Baca juga: BMKG: Frekuensi Bencana La Nina Berpotensi Naik

“Namun, disisi lain terdapat pula pedagang sayur, buah yang menjual di Kota Palu harus digratiskan serta pasien dan pendampingannya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, ada sebanyak 1700 bantuan Rapid Tes yang diberikan oleh Dinas kesehatan provinsi Sulteng, 1500 sudah diedarkan ke setiap Puskesmas dan Rumah sakit.

Secara nasional kata dia, rapid tes gratis itu sebatas wacana. Tapi, Pemda Parimo sudah mengambil langkah langsung menggratiskan. Dan ini sangat luar biasa.

Sementara itu Kadinkes Parimo Agus Suryono Hadi mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pengusulan alat rapid tes kepada pemerintah pusat terkait sejumlah alat rapid itu.

“Misalnya peluang bantuan itu kita tidak dapatkan, kita berupaya dengan segala cara,” jelasnya.

Baca Juga: Wajib Tes PCR Masuk Sulteng Berlaku 28 September 2020

Ia menjelaskan, covid-19 ini tidak memiliki batas waktu belum diketahui kapan akan berakhir.

Sehingga, mereka mempersiapkan segala sesuatu baik itu jangka panjang berupa ketersediaan obat, bahan habis pakai dan lain sebagainya.

Untuk itu kata dia, pihaknya terus mencari bantuan yang ada karena dikhawatirkan apabila daerah kolaps sehingga tidak dapat melayani.

“Kami akan terobos dimana pun bantuan itu ada,” tegasnya.

Baca juga: BNN Tes Urine Kontestan Pilkada Kota Palu 2020

Sebelumnya, Pemerintah daerah (Pemda) Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengambil kebijakan gratis rapid tes untuk sopir angkot.

“Kebijakan gratis rapid tes mulai hari ini,” ungkap Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu.

Ia mengatakan, kebijakan strategis itu diambil untuk membantu para sopir angkutan umum di Kabupaten Parigi Moutong. Atas respon terhadap keluhan yang merasa kesulitan untuk memenuhi biaya rapid test senilai Rp150 ribu.

Baca juga: Ajang Wisata Kuliner Sulteng, Parimo Gelar Makan Lalampa Gratis

Dengan tambahan biaya untuk rapid tes, akan tidak berbanding lurus dengan pendapatan untuk sopir angkot.

“Apalagi, pada situasi saat pandemi virus corona saat ini, pendapatan para sopir angkutan itu memang sangat minim. Kasihan kalau mereka dibebankan lagi dengan biaya rapid test,” tuturnya.

Ia mengatakan, seluruh sopir angkutan umum akan dipermudah untuk mendapatkan rapid tes.

Baca Juga: Wifi Gratis Segera Ada di Huntara Kota Palu

Mengenai tempat untuk melakukan rapid test, Kepala Dinas Kesehatan yang kemudian akan mengatur secara teknis.

“Kami juga akan mengadakan alat rapid test. Tujuannya, untuk menggratiskan rapid test bagi seluruh warga Kabupaten Parigi Moutong dengan ketentuan mendapat dukungan dari Gubernur Sulawesi Tengah,” tutupnya.

Baca juga: Dua Mahasiswa di Kota Palu Ditahan Polisi

Laporan: Muhammad Rafii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.