Bahas Penyintas Bencana, Pansus Padagimo Temui Wali Kota Palu

Bahas Penyintas Bencana, Pansus Padagimo Temui Wali Kota Palu
Bahas Penyintas Bencana, Pansus Padagimo Temui Wali Kota Palu

Berita kota palu, gemasulawesi Membahas sejumlah permasalahan penanganan nasib penyintas bencana di Kota Palu, Pansus Padagimo DPRD Provinsi Sulteng temui Walikota.

“Kehadiran kami dalam rangka mencarikan solusi untuk membantu memenuhi hak penyintas bencana di Kota Palu. Khususnya, para penyintas bencana di Kelurahan Petobo untuk mendapatkan Huntap yang layak,” ungkap Ketua Pansus Padagimo Budi Luhur, saat pertemuan yang dilaksanakan di ruang terbuka hutan Kota Kaombona, bersama sejumlah anggota DPRD Propinsi yang terlibat dalam Pansus Padagimo, Sabtu 25 Juli 2020.

Read More

Menurut Budi Luhur, Pansus Padagimo akan berupaya membantu pemerintah Kota Palu dalam melobi anggaran terkhusus untuk penyediaan lahan huntap di Petobo.

Harapannya, Pemkot Palu dapat memberikan data terkait kebutuhan dan anggaran yang dibutuhkan dalam memenuhan hunian tetap bagi Penyintas di Petobo.

“Data yang disampaikan Walikota, akan kami bawa ke Jakarta untuk disampaikan kepada fraksi-fraksi kami di DPR. Biar mereka yang menyampaikan langsung ke Menteri, bila perlu jangan pulang sebelum berhasil melobi anggaran,” tegasnya.

Sementara itu, Politisi Partai Demokrat yang mewakili Dapil Kota Palu, Hidayat Pakamundi mengajak Hidayat selaku Walikota untuk mencari solusi bersama sama agar hak penyintas bencana Kota Palu dapat terpenuhi.

“Kehadiran kami adalah bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Palu dalam mencarikan solusi terhadap nasib para penyintas bencana. Khususnya, yang belum mendapatkan Hunian tetap. Mari kita saling bertukar data agar dapat memutuskan bersama solusi terbaik untuk masyarakat kita,” katanya.

Sedangkan Politisi Nasdem, Sonny Tandra menyampaikan apresiasi terhadap upaya pemerintah Kota Palu dalam menangani Pengendalian Wabah Covid -19, menurutnya upaya luar biasa pemkot Palu patut diapresiasi karena dapat menekan angka penyebaran Covid -19 dikota Palu secara maksimal.

“Pemkot Palu sangat serius dalam menangani pencegahan penyebaran covid-19. Memaksimalkan enam pos kesehatan untuk cek poin adalah sebuah upaya luar biasa. Dan patut kita apresiasi bersama, jujur harus kita akui Walikota berhasil mengendalikan penyebaran wabah corona di Kota Palu,” ungkap Politisi asal Kabupaten Poso.

Dalam pertemuan itu, Pansus Padagimo menyampaikan informasi di Petobo saat ini ada 35 Hektar lahan yang belum memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM). Namun, baru memiliki alas hak berupa SKPT ataupun Surat penyerahan.

“Terdapat kurang lebih 35 hektar tanah di Petobo yang belum memiliki SKM, namun ada SKPT. Dan sudah diperjualbelikan kepada orang lain,” jelas Sonny Tanda kepada Walikota.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.