Operasi Gabungan Zebra Tinombala Parimo 2019, 631 Kendaraan Kena Tilang

Operasi Gabungan Zebra Tinombala Parimo 2019, 631 Kendaraan Kena Tilang
Operasi Zebra Tinombala Polres Parimo (Foto: Rafii)

Parimo, gemasulawesi.com Total 631 jenis kendaraan terjaring Operasi Zebra Tinombala 2019 gabungan Satu Lantas Polres Parigi Moutong (Parimo) Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).

“Dalam operasi zebra Tinombala 2019 sampai dengan hari Senin tanggal 04 nov 2019 kami sudah melakukan tindakan hukum berupa tilang sebanyak 631 kendaraan yang terdiri atas berbagai pelanggaran lalulintas,” ungkap IPTU I Made Muliarsana, Kasat Lantas Polres Parimo, dikutip dari Humas Polres Parimo, Senin, 4 November 2019.

Read More

Made Muliarsana mengatakan operasi Zebra Tinombala 2019 akan berlangsung selama 14 hari dimulai sejak tanggal 23 Oktober 2019 kemarin sampai dengan tanggal 5 November 2019 nanti.

Disebutkannya, ada sembilan jenis pelanggaran yang menjadi landasan tim gabungan untuk melakukan tindakan hukum bagi pengendara yang melanggar yakni Melawan arus di area jalur dua, menggunakan handphone saat berkendaraan, tidak menggunakan helm berstandar SNI, pengendara dibawah umur, pengendara dalam keadaan mabuk, tidak menggunakan safety belt, melebihi batas kecepatan, tidak memiliki surat ijin mengemudi (SIM) dan STNK yang tidak sesuai dengan jenis kendaraan.

“Operasi ini bukan hanya pihak kepolisian saja, namun pihak instansi terkait seperti Dishub dan Dispenda juga ber sama- sama di lapangan,” terangnya.

Lagi pula lanjut dia, operasi tersebut guna memenuhi amanat undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan.

Dalam UU itu menerangkan pengendara dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalulintas (kamseltibcarlantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas, membangun budaya tertib berlalulintas serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Inilah yang menjadi harapan agar sebagai warga negara yang baik tentunya taat kepada azas peraturan perundang-undangan yang ada,” tuturnya.

Dia berharap, bagi pengendara kendaraan bermotor khususnya roda dua untuk senantiasa mengenakan helm demi keselamatan dalam mengendarai kendaraan.

Untuk pengendara agar selalu membawa kelengkapan surat-surat kendaraan maupun SIM. Sebab, kedua hal itu merupakan kewajiban mutlak,” himbaunya. (**)

 

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.