Berburu Oleh Oleh Khas Palu

waktu baca 11 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Siapa diantara kamu yang belum pernah mengunjungi kota Palu? Kota yang terkenal dengan kota 5 dimensi ini merupakan salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Tak lengkap jika kamu berkunjung tetapi belum membeli oleh oleh khas Palu.

Berburu oleh oleh khas daerah merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyedihkan. Bagian menyenangkan karena kamu akan melihat berbagai makanan maupun barang menarik yang banyak dijual di sana. Sedangkan bagian menyedihkannya yaitu kamu tidak bisa mengendalikan keuangan kamu untuk membeli oleh oleh tersebut.

Apa saja deretan oleh oleh khas Palu yang terkenal?

Deretan Oleh Oleh Khas Palu yang Terkenal

Bagi kamu yang sedang mengunjungi kota Palu, tak lengkap jika tidak membeli oleh oleh yang banyak. Beragam oleh oleh akan membuat kamu pusing memilih makanan yang sangat lezat dan berbagai kerajinan tangan yang indah. Simak deretan oleh oleh khas kota Palu yang wajib kamu beli.

  1. Bawang Goreng Palu

Rekomendasi oleh oleh khas Palu yang sangat terkenal adalah bawang goreng Palu. Mungkin kamu berpikir bawang goreng ini seperti dijual di pasaran biasa, tetapi berbeda dengan bawang goreng kota Palu.

Bawang goreng ini mempunyai rasa yang sedap, renyah, dan gurih saat dimakan. Tidak hanya itu, keharuman bawang goreng ini membuat selera makan kamu meningkat.

oleh oleh yang satu ini wajib kamu bawa pulang untuk temani makan kamu. Harga dari bawang goreng ini pun sangat terjangkau, jadi kamu tidak usah mengeluarkan banyak uang.

  1. Coklat Banua

Siapa diantara kamu yang suka dengan coklat? Oleh oleh yang satu ini jangan sampai kelewatan karena terbuat dari coklat asli. Coklat banua merupakan salah satu oleh oleh khas Palu favorit dan sangat populer di kota tersebut.

Coklat ini berbeda dengan coklat yang lain karena coklat dari Palu ini memiliki rasa yang lebih pahit karena terbuat dari coklat asli tanpa adanya tambahan pemanis buatan.

Rasa pahit tersebut berasal dari biji kakao asli Sulawesi Tengah yang memang memiliki rasa pahit. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 10 ribu saja.

  1. Kopi Sulawesi Tengah

Selain coklat, oleh oleh khas Palu yang terkenal yaitu kopi. Kopi Sulawesi Tengah merupakan salah satu kopi terbaik yang bisa kamu bawa pulang. Rasa kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang berbeda dengan kopi pada umumnya.

Berbagai jenis kopi yang terkenal yaitu seperti kopi sojol, kopi arabika, dan juga kopi robusta. Kopi-kopi tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau, jadi jangan khawatir jika uang kamu akan terkuras habis.

  1. Pia Palu

Tidak hanya kota Yogyakarta yang terkenal dengan makanan pia. Di Palu juga ada pia yang sangat terkenal dan tidak kalah lezat, serta termasuk dalam oleh oleh khas Palu yang tak boleh ditinggalkan. Pia yang disediakan memiliki rasa yang bisa kamu pilih seperti coklat, keju, hingga kacang.

Untuk rasa dari pia ini tidak usah diragukan lagi karena mempunyai rasa yang gurih dan lezat. Rasa yang dihasilkan tidak membuat mulut kamu berhenti makan.

Yang unik dari kue ini adalah proses pembuatannya tidak menggunakan mesin pembantu tetapi dengan buatan tangan manusia sendiri. Untuk harga, kue ini dijual sangat terjangkau. Biasanya per dus akan menekan biaya sekitar Rp 30 ribu saja.

  1. Sambal Ikan Roa

Makan tidak lengkap jika tidak ada sambal bukan? Nah, untuk memenuhi kelengkapan kamu, kamu bisa membeli oleh oleh khas Palu lainnya yaitu sambal ikan roa.

Sambal ini sangat terkenal bahkan di luar daerah karena menggunakan bahan ikan laut yang jarang ditemui didaerah lain seperti ikan roa. Tertarik buat mencicipinya? Kamu bisa membeli saat di kota palu sebagai oleh oleh dengan harga yang terjangkau. Kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 20 ribu sudah dapat sambal selezat ini.

  1. Kacang Goyang

Mungkin sebagian dari kamu belum pernah mendengar makanan yang satu ini. Kacang goyang merupakan salah satu oleh oleh khas Palu yang tidak kalah terkenal.

Seringkali menjadi perhatian di kalangan wisatawan, kacang goyang selalu menjadi buruan. Sebenarnya kacang ini sama halnya dengan kacang telur, hanya saja kacang goyang memiliki keunikan seperti beragam warna yang sangat cantik.

Rasa yang unik bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Kacang ini memiliki tekstur yang renyah sehingga orang memakannya membuat ketagihan. Untuk mendapatkan makanan ini pun tidak sulit karena tersedia di berbagai pusat oleh oleh. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau sekitar Rp 5 ribu setiap kotaknya.

  1. Bagea

Oleh oleh makanan yang satu ini tidak kalah enak dengan yang lainnya. Mungkin sebagian dari kamu belum pernah mendengar ini. Bagea merupakan oleh oleh khas Palu yang sangat populer yang terbuat dari perpaduan sagu, telur, kismis, palm sugar, soda kue, dan minyak goreng.

Cemilan ini sangat cocok buat oleh oleh karena sensasi rasa yang manis dan gurih membuat kamu tidak berhenti makan. Harga dari bagea sangat terjangkau sekitar Rp 18 ribu sampai dengan Rp 40 ribu saja.

  1. Keripik Pisang Donggala

Makanan yang tidak kalah lezat buat kamu beli selanjutnya yaitu keripik pisang Donggala. Banyaknya daerah penghasil pisang di Palu, membuat para masyarakat memanfaatkannya dengan membuat makanan seperti keripik.

Keripik ini terbuat dari bahan dasar pisang raja pilihan dengan tambahan bahan lainnya. Uniknya, keripik oleh oleh khas Palu ini mampu bertahan hingga satu bulan dalam kemasan tertutup.

  1. Keripik Buah Naga

Jika kamu biasanya memakan buah naga atau kamu buat jus, berbeda dengan oleh oleh yang satu ini. Beberapa industri kreatif yang ada di Palu ini memanfaatkan buah naga untuk dijadikan sebagai keripik.

Tidak sangka, banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini karena rasanya yang lezat dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu sudah bisa menikmati makanan lezat ini.

  1. Stik Ikan Roa

Ikan Roa merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat Palu. Dengan ide kreatifnya, ikan Roa bahkan disulap menjadi stik oleh oleh khas Palu yang enak dan banyak digemari.

Bahan dasar dari stik ikan roa selain ikan roa sendiri yaitu ada bahan pendukung seperti tepung terigu dan juga rempah-rempah yang menambah kenikmatan. Harga dari stik ini adalah sekitar Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu saja.

  1. Kain Khas Palu

Tidak lengkap rasanya jika kamu tidak membeli oleh oleh khas Palu yang satu ini. Tidak hanya membawa pulang makanan sebagai oleh oleh, tetapi juga barang yang satu ini cocok untuk keluarga di rumah.

Kain khas Palu biasa mempunyai warna yang cerah, tetapi kesan mewah tidak akan dihilangkan. Tidak hanya itu, jika kamu memakainya akan terasa lebih lembut dan nyaman. Jadi tak jarang bahwa kain ini seringkali diburu oleh para wisatawan.

Harga kain ini pun sangat bervariasi, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah. Jadi kamu bisa menyesuaikan budget kamu. Harga tersebut juga sesuai dengan ukuran, bahan, serta corak yang kamu pilih.

Untuk mendapatkan kain ini, kamu tidak perlu bersusah payah mencari sendiri. Karena di setiap pusat oleh oleh menjual kain khas Palu ini.

  1. Sarung Donggala

Selain kain khas Palu yang bisa kamu jadikan sebagai oleh oleh, kamu juga bisa membawa sarung Donggala sebagai buah tangan untuk keluarga maupun kerabat tercinta.

Sarung ini menjadi kerajinan tangan yang diproduksi sendiri oleh masyarakat asli Donggala. Ciri khas dari sarung ini yang berbeda dengan sarung lain yaitu tekstur sarung yang lebih halus. Kualitasnya pun sudah tidak bisa diragukan lagi karena menggunakan teknik tradisional dari tangan terampil.

Berbagai motif yang cantik dan unik bisa kamu pilih. Sarung ini sudah terkenal di seluruh Nusantara karena kualitas yang sangat baik. Untuk harga sendiri bisa disesuaikan dengan motif yang kamu pilih.

  1. Kerajinan Kayu Hitam

Kerajinan yang tidak kalah menarik lagi yaitu kerajinan kayu hitam. Kerajinan ini sangat banyak diburu oleh wisatawan dari dalam maupun mancanegara. Keindahan ini sangat cocok buat kamu beli sebagai buah tangan keluarga maupun kerabat terdekat.

Jenis kerajinan kayu hitam ini sangat banyak dan kamu bisa pilih sesuai keinginan. Jenis-jenisnya seperti jam, gantungan kunci, kotak perhiasan, patung, dan sebagainya. Untuk harga tidak perlu khawatir karena kerajinan ini tergolong mempunyai harga yang sangat terjangkau.

Tips Dan Trik Membeli Oleh Oleh Khas Palu

Saat kamu sedang travelling terutama di Palu, pasti banyak keluarga, kerabat, hingga teman yang ingin menitip oleh oleh khas. Dibalik kebingungan yang kamu hadapi, kali ini ada tips dan trik membeli oleh oleh khas kota Palu.

  1. Siapkan Budget

Hal yang paling penting sebelum membeli oleh oleh adalah dengan menyiapkan budget. Jangan sampai kamu memaksakan diri untuk membelikan semua orang oleh oleh.

Jika kondisi budget kamu tidak mencukupi, jangan sampai kamu membeli oleh oleh yang harganya mahal. Penyesuaian budget ini sangat penting agar pengeluaran kamu tidak terkuras banyak.

  1. Menghitung Orang Yang Kamu Beri

Selanjutnya adalah jangan lupa menghitung jumlah orang yang akan kamu beri oleh oleh tersebut. Sesuaikan barang yang akan kamu beri untuk keluarga dan teman. Kamu juga bisa memilih jenis oleh oleh yang bisa diterima oleh semua orang.

Misalnya, kamu bisa memberi teman-temanmu dengan memberikan oleh oleh seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, tas kecil, atau barang lainnya yang lebih umum dan harganya lebih terjangkau.

  1. Ukuran Dan Berat Oleh Oleh Tersebut

Selain mempertimbangkan budget dan jumlah orang, kamu juga harus mempertimbangkan ukuran dan berat oleh oleh tersebut. Apalagi jika kamu menaiki transportasi umum seperti bus, kereta, bahkan pesawat, tentu kamu harus pertimbangkan kembali.

Sebaiknya kamu menghindari barang yang berukuran besar dan berat. Selain akan menyusahkan orang disekitar saat menaiki transportasi umum, kamu juga akan menyusahkan dirimu sendiri dengan membawa barang bawaan yang banyak dan berat.

  1. Banyak Disukai

Agar oleh oleh yang akan kamu berikan berguna dan banyak disukai, sebaiknya kamu beli oleh oleh yang sesuai dengan kesukaan mereka tanpa memberatkanmu.

Seperti contoh, jika keluarga kamu menginginkan oleh oleh berupa makanan, kamu bisa memberikan makanan yang enak. Dengan memberikan apa yang mereka suka, pasti buah tangan yang kamu berikan akan disukai.

Mengunjungi Tempat Wisata di Khas Palu

Selain menikmati berbagai oleh oleh khas Palu yang menarik, pastinya kunjungan wisata tidak ketinggalan di list kamu, bukan? Ya, Palu merupakan kota yang menyimpan berbagai destinasi menarik yang wajib buat kamu kunjungi. Berikut merupakan berbagai wisata di Palu yang wajib kamu kunjungi.

  1. Monumen Nosarara Nosabatutu

Arti dari nama Nosarara Nosabatutu adalah kita bersaudara, kita bersatu yang diambil dari bahasa Kaili. Kamu bisa melihat keindahan kota Palu dari ketinggian monumen ini.

Di tempat ini juga ada spot menarik dan bersejarah yang bernama Gong Perdamaian Nusantara. Selain mempunyai makna filosofis, kamu juga bisa menjadikan spot untuk berfoto di Gong ini.

  1. Kepulauan Togean

Beralih ke pemandangan alam, keindahan pulau ini merupakan salah satu pulau indah dan sangat terkenal. Kepulauan ini berada di Teluk Tomini yang merupakan teluk terbesar di Indonesia.

Keindahan pulau Togean ini juga terletak di dalam lautnya. Ada banyak sekali terumbu karang yang indah ditambah dengan flora dan fauna di dalam lautnya. Tidak hanya menampilkan keindahan saja, laut dari pulau Togean ini juga menyimpan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi.

  1. Cagar Alam Morowali

Seperti namanya, Cagar Alam Morowali merupakan Taman Nasional yang ditinggali oleh berbagai hewan endemik seperti Burung Maleo, Anoa, Babi Rusa, dan hewan lainnya.Tempat ini juga ditempati dan dilindungi oleh masyarakat suku Wana.

Jika kamu berkunjung di tempat ini, kamu akan menemukan pemandangan yang asri sehingga mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan tersebut. Tempat ini berada di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

  1. Tanjung Karang Palu

Jika kamu ingin berkunjung dengan nuansa pantai yang indah, kamu harus mengunjungi Tanjung Karang Palu. Pantai ini tidak kalah terkenal dengan objek wisata lainnya.

Tanjung Karang Palu memiliki pasir putih yang indah dan kondisi air laut yang cocok digunakan untuk snorkeling, diving, ataupun aktivitas lainnya. Mata kamu akan dimanjakan pemandangan yang indah dengan perpaduan pasir putih dan laut biru.

  1. Pusentasi

Objek wisata selanjutnya yang populer di Palu adalah Pusentasi. Keunikan dari tempat ini sukses mengundang berbagai wisatawan untuk mengunjungi Pusentasi. Salah satu keunikannya adalah sumur air laut.

Sumur tersebut bukan buatan manusia, melainkan batu karang yang melingkar yang membuat bagian tengahnya terlihat seperti sumur. Sumur ini juga dipercaya sebagai penghubung Pusentasi dan pantai. Air yang bersih membuat tempat ini menjadi incaran semua orang.

  1. Gunung Gawalise

Bagi kamu pecinta gunung, tidak lengkap jika kamu tidak mengunjungi gunung yang satu ini, apalagi banyak keindahan flora dan fauna. Gunung ini berada di ketinggian 2.023 di atas permukaan laut sehingga kamu dapat menambah daftar yang wajib kamu kunjungi. Tidak hanya itu, bahkan kamu dapat menikmati pemandangan bunga edelweiss yang cantik.

Setelah melihat beberapa penjelas di atas, apakah kamu tertarik mengunjungi kota Palu? Kota tersebut memang seringkali memikat untuk dikunjungi. Tidak hanya menawarkan panorama yang sangat indah, tetapi kamu juga bisa membeli oleh oleh khas Palu untuk bisa kamu bawa pulang lho. Segera kunjungi sebelum kamu menyesal ya. (*/Fan)

Baca: Resmi! Pemerintah Tetapkan Lebaran Jatuh Pada Hari Senin 2 Mei 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.