Olahraga Rekreasi Salah Satu Fokus Disporapar Parigi Moutong

waktu baca 2 menit
Kepala Bidang Olahraga Disporapar Kabupaten Parigi Moutong, Andi Salamun.

Parigi moutong, gemasulawesi.com Tidak hanya prestasi saja, jenis olahraga rekreasi juga menjadi fokus Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Olahraga Disporapar Kabupaten Parigi Moutong, Andi Salamun di ruang kerjanya, Rabu 05 Februari 2020.

“Fokus pembinaan atlet olahraga berprestasi sejauh ini, sering dilaksanakan meskipun dengan keterbatasan,” ungkapnya.

Hanya saja, untuk mengetahui mana saja atlet yang dianggap dapat berprestasi, tentu harus melalui event-event olahraga.

Bahkan, fokus terhadap pembinaan atlet olahraga berprestasi sudah sangat banyak. Ditambah lagi, dengan adanya pembangunan gedung olahraga yang terletak di Desa Jonokalora Kecamatan Parigi Barat menggunakan APBN.

Sama halnya dengan jenis olahraga rekreasi, Pemda fokus membuat event tahunan adat masoro yang pelaksanaannya dipusatkan di Kecamatan Palasa. Dalam event itu, dilaksanakan beberapa jenis olahraga rekreasi diantaranya perlombaan sumpit dan arung jeram menggunakan rakit bambu.

“Jenis olahraga rekreasi itu berkaitan dengan tradisional. Makanya, pelaksanaan olahraga rekreasi itu tetap dijaga nuansa tradisionalnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam memeriahkan perayaan HUT Kabupaten Parigi Moutong di tahun 2020, Disporapar bakal mengadakan event khusus olahraga rekreasi, yakni lomba hadang dan bakiak.

Dipilihnya dua jenis olahraga rekreasi itu karena dianggap dapat melibatkan masyarakat banyak. Menurutnya, dua jenis olahraga rekreasi itu merupakan tradisi yang jarang, bahkan tidak pernah lagi diadakan.

Sehingga, perlu dilakukan pelestarian nilai-nilai tradisi melalui event olahraga rekreasi yang dipastikan dapat menarik perhatian masyarakat banyak untuk menyaksikan atau turut menjadi peserta lomba.

“Lokasi lombanya rencana kami dilaksanakan di alun-alun Kantor Bupati karena tempatnya strategis dan dapat menampung banyak orang yang ingin menyaksikan,” katanya.

Sementara itu, fokus pengembangan Disporapar Parigi Moutong merupakan semangat mewujudkan visi Parimo Khatulistiwa. Visi yang mencoba memanfaatkan keunggulan wisata Parigi Moutong untuk mendongkrak ekonomi.

Visi Parimo Khatulistiwa menjadi satu dari tiga visi unggulan Parigi Moutong tahun 2020. Visi lainnya itu antara lain Parimo Cerdas dan Parimo Sehat.

Baca juga: Hakim Putuskan Samsurizal Cs Kembalikan Dana 4,9 Miliar Rupiah

Laporan: Rhoy L

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.