fbpx

Oknum Polisi Parigi Moutong Diduga Langgar Protap Penggunaan Senpi

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Keluarga SM, Korban Penembakan Oknum Polisi Polsek Parigi Mendatangi Kantor Polsek Parigi Rabu, 8 Juni 2022 Mengamuk mempertanyakan Alasan Penembakan dilakukan. (Foto/Istimewa)

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Oknum anggota Kepolisian di Polsek Parigi Kabupaten Parigi moutong diduga melanggar prosedur tetap (Protap) penggunaan senjata Api (Senpi) yang telah diatur dalam Perkapolri No. 8 tahun 2009 dan Perkapolri No. 1 Tahun 2009 tentang penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

Kali ini terjadi di Polsek Parigi Kabupaten Parigi moutong, oknum polisi diduga menembak salah seorang tersangka pelaku pencurian yang telah menyerahkan diri secara sukarela di paha. Mirisnya, penembakan diduga dilakukan tidak mengacu pada Protap penggunaan Senpi, melanggar Perkapolri No.8 Tahun 2009.

SM korban penembakan oknum polisi saat ini sedang menjalani perawatan di RS Anuntaloko, berdasarkan informasi terakhir saat ini korban sudah berada di Polres Parigi Moutong.

Sementara itu pihak keluarga korban penembakan yang tidak terima atas perlakuan oknum polisi yang melakukan penembakan, mendatangi kantor Polsek Parigi untuk melakukan aksi protes keras meminta pertanggungjawaban.

Dalam sebuah rekaman video yang beredar, salah seorang kerabat SM korban penembakan berteriak marah dan meminta kejelasan alasan dilakukannya penembakan.

“Giliran pengedar Narkoba tidak diperlakukan seperti itu, tidak ada ditembak!” teriak kerabat SM di Polsek Parigi.

Baca: Polda Sulteng Usut Dugaan Anggota Langgar SOP di Parigi

Sementara itu salah seorang kerabat korban penembakan SM bernama Herlan, kepada sejumlah media Rabu, 8 Juni 2022 mengaku baru mengetahui kejadian penembakan dari keluarga lainnya.

Ia mengatakan, penembakan diduga dilakukan saat dibawa ke kantor Polsek Parigi, saat ini pihaknya belum mengetahui secara pasti bagian tubuh mana yang terkena tembakan.

“Informasi awal kami terima tertembak di paha, tapi kita belum bisa memastikan itu, karena SM saat ini langsung dibawa ke Polres Parigi moutong,” tuturnya.

Baca: Sempat Mangkir, Pelaku Penembakan di Parigi Moutong Akhirnya Ditahan

Dia mengungkapkan, penangkapan terduga tersangka SM, yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Parigu, Aiptu Yunus Datuan dilakukan di rumahnya di Desa Baliara.

Saat itu, SM sedang bermain disalah satu ruang kamar dibagian depan bersama anak laki-lakinya. Seketika, anggota Polisi datang dan membawa SM masuk ke dalam mobil Toyota jenis Avanza.

“Mereka menggunakan mobil, salah satu anggota Polisi memegang kerak baju bagian belakang SM. Saat itu dia juga tidak melawan. Dia juga sempat tersenyum dan tidak berkata apa-apa,” ungkapnya.

Baca: Bripka H Ditetapkan Tersangka Kasus Penembakan di Parigi Moutong

Pihak keluarga kata dia, sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan anggota Polsek Parigi dalam penanganan kasus itu, padahal SM berlaku kooperatif saat ditangkap.

Sementara itu Kapolsek Parigi, Iptu Haryono, SH membenarkan, telah terjadi penangkapan terhadap SM yang dilakukan anggotanya di Desa Baliara. Ia mengatakan, belum dapat memberikan keterangan secara detail, sebab masih menunggu Kanit Reskrim yang masih berada di Polres Parimo.

“Belum diketahui secara pasti kronologisnya seperti apa, saat ini SM sudah mendapatkan penanganan medis di rumah sakit,” ungkapnya.

Baca: Oknum Polisi Dibayar 200 Juta Bunuh Pegawai Dishub di Makassar

Selaku pimpinan katanya, dia akan bertanggungjawab atas kejadian itu. Ia juga mengaku telah teledor dalam melakukan pengawasan terhadap bawahannya.

“Ditunggu saja hasilnya biar lebih jelas kronologisnya seperti apa, anggota saya saat ini sedang diundang di Polres,” tutupnya.

Sebelumnya dugaan pelanggaran protap pengunaan Senpi oleh oknum anggota Kepolisian Parigi Moutong juga pernah terjadi dalam penanganan aksi demo di wilayah Kecamatan Tinombo Selatan yang berakibat korban meninggal dan hingga saat ini kasusnya masih berproses hukum. (mn)

Baca: Bentrok Mahasiswa Papua Dengan Aktivis BMI Sulawesi Selatan

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.