Nico Rantung Akui Terima Cek Bernilai Ratusan Juta Rupiah

1
134
Nico Rantung di PN Parigi Kabupaten Parigi Moutong Akui Terima Cek Bernilai Ratusan Juta Rupiah
Lanjutan Sidang Hantje vs Bupati Parimo, Arifin Ahmad dan Nico Rantung (Foto: gemasulawesi)

Parimo, gemasulawesi.com Nico Rantung salah seorang turut digugat Hantje Yohanis, mengakui terima cek bernilai ratusan Juta Rupiah, dalam persidangan di PN Parigi Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) perkara nomor 23/Pdt.G.S/2019/PN Prg.

Dihadapan hakim PN Parigi Kabupaten Parigi Moutong, Fransiska salah seorang karyawan yang menangani keuangan perusahaan milik istri Hantje Yohanis, di kota Palu, Sulawesi Tengah, mengaku pernah menyerahkan cek bernilai 200 Juta Rupiah kepada Niko Rantung.

“Pak Nico sendiri yang datang mengambil cek itu, kemudian dicairkan di bank BRI. Waktu itu sekitar bulan Juli tahun 2017,” katanya di ruang sidang PN Parigi, Kamis, 9 Oktober 2019.

Selain cek bernilai 200 Juta Rupiah kata dia, Hantje kembali meminta agar dirinya kembali memberikan uang tunai sebesar 10 Juta Rupiah untuk diberikan kepada Nico Rantung selang beberapa waktu kemudian.

“Waktu itu pak Hantje telepon saya, pinjam uang perusahaan 10 Juta Rupiah untuk diberikan kepada pak Nico. Tapi, kata pak Hantje nanti orang suruhan Nico yang mengambil uangnya, kalau tidak salah nama orang itu Rio. Bukti transaksinya, sudah diajukan ke hakim,” jelasnya.

Nico Rantung yang diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada saksi penggugat, sempat mendapat teguran dari hakim. Nico dinilai terkesan lebih memberikan pernyataan.

Dalam pernyataannya itu, Nico mengakui telah menerima cek senilai yang diungkapkan Fransiska. Selain itu, dia mengatakan tidak pernah menyuruh seseorang bernama Rio untuk mengambil uang senilai yang disebut saksi Hantje itu.

“Saya tidak kenal Rio. Kalau cek senilai yang diungkapkan tadi, memang benar. Namun, saya tidak mengetahui itu uang apa dan untuk apa,” terangnya.

Baca juga: Kadis PUPRP Parimo Sebut Putusan Pengadilan Salah

Selain Niko Rantung, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi moutong (Parimo), Arifin Ahmad, juga disebut terima uang senilai 20 Juta Rupiah via transfer.

Fransiska menambahkan, seluruh uang yang diberikan kepada Nico Rantung dan Arifin Ahmad diketahuinya sebagai dana untuk keperluan bencana pada tahun 2017.

“Jadi total keseluruhannya itu senilai 230 Juta Rupiah,” tuturnya.

Diketahui, perkara kedua dengan nomor 23/Pdt.G.S/2019/PN Prg, pengusaha Hantje Yohanes menggugat Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu, Nico Rantung dan Arifin Ahmad.

Baca juga: Nico Rantung Disebut Memfasilitasi Pertemuan Hantje Dan Bupati Parimo

Laporan: Ahmad Nur Hidayat

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan