Puluhan Nakes dan Dokter di Palu Sulteng Jalani Uji Swab

  • Whatsapp
Puluhan Nakes dan Dokter di Palu Sulteng Jalani Uji Swab RSUD Undata
Puluhan Nakes dan Dokter di Palu Sulteng Jalani Uji Swab (Foto: Pemkot Palu)

Berita sulawesi tengah, gemasulawesi– Puluhan tenaga kesehatan (Nakes) dan dokter di Kota Palu Provinsi Sulteng jalani uji Swab covid-19.

“Sekitar 30 Nakes dan dokter di RSUD Undata Palu uji Swab usai menjalani isolasi,” ungkap Wakil Direktur Pelayanan RSUD Undata Palu dr Amsyar Praja, di Kota Palu, jumat 11 September 2020.

Bacaan Lainnya

Ia memastikan hasil uji Swab untuk puluhan Nakes dan dokter dipastikan akan bisa dilihat secepatnya.

Hasil Swab itu kata dia, akan menentukan apakah tetap diisolasi atau sudah boleh kembali ke rumah masing-masing.

“Meskipun tenaga kesehatan di IGD diisolasi, pelayanan tidak tutup,” singkatnya.

Manajemen RSUD Undata Palu kata dia, menyiapkan dua dokter jaga dan enam perawat yang akan menggantikan tugas hingga hasil Swab keluar.

Manajemen memobilisasi Nakes dan dokter yang belum terpapar. Mereka mengambil ahli sementara saja tugas-tugas yang ada di IGD sambil menunggu swab.

“Perawat dan dokter kontak erat dengan pasien covid-19. Sehingga, untuk menerapkan protokol kesehatan, semuanya akan di Swab. Akan diutamakan IGD, nanti menyusul poliklinik dan rawat jalan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan kondisi perawat yang positif covid-19 di RSUD Undata Palu sudah membaik. Menurutnya, pasien itu termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) dengan menunjukkan hasil swab positif covid-19.

Swab nantinya akan dilanjutkan untuk semua tenaga kesehatan di RSUD Undata Palu. Sebanyak kurang lebih 700 tenaga kesehatan juga akan di swab.

Terkait perkembangan pandemi virus corona, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Husaema membenarkan beberapa tenaga kesehatan yang positif covid-19. Tenaga kesehatan itu sudah mendapatkan perawatan isolasi di rumah sakit.

“Ada tambahan empat pasien positif covid-19 dan beberapa pasien adalah perawat. Tapi sudah mendapat perawatan,” tuturnya.

Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Kota Palu kembali menunjukkan angka yang mengkhawatirkan dalam beberapa hari ini.

Saat ini, jumlah warga yang terkonfirmasi positif sebanyak 11 orang, masing-masing 7 orang dirawat di di RS Anutapura, dua orang di RS Madani dan dua lainnya di RS Undata.

Koordinator Surveilans Covid-19 Kota Palu, dr Rochmat Jasin Munawar, mengatakan jumlah ini terus mengalami kenaikan pada sepekan terakhir. Bahkan, empat kasus terbaru yang ada saat ini, kesemuanya adalah tenaga medis.

“Kemarin ada empat kasus positif berdasarkan rapid test. Semuanya adalah tenaga kesehatan di beberapa lokasi berbeda. Dalam waktu dekat ini kita akan ketahui hasil swab-nya,” katanya.

Keempat tenaga medis itu berasal dari Puskesmas Bulili Petobo, RS Anutapura, RSUD Undata dan seorang lainnya dari Pasangkayu, Sulawesi Barat.

“Sesuai Protokol Covid-19 revisi kelima, jika ada tenaga kesehatan yang memiliki kontak erat dengan pasien positif, maka harus di Swab,” tutupnya.

Laporan: Rafiq

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.