Mulai 6 Juli, Syarat Masuk Indonesia Wajib Bawa Hasil PCR Negatif

waktu baca 2 menit
Foto: Kedatangan warga negara asing.

Berita nasional, gemasulawesi– Pemerintah menegaskan WNA dan WNI wajib menunjukkan hasil PCR negatif covid 19 syarat masuk Indonesia.

“Seluruh WNA masuk ke Indonesia juga wajib menunjukkan kartu vaksin ketika tiba di gerbang kedatangan internasional mulai besok,” ungkap juru bicara Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, dalam konferensi pers hari Minggu 4 Juli 2021.

Ia mengatakan, syarat masuk Indonesia baik WNA maupun WNI itu juga diharuskan menjalani karantina selama delapan hari dengan dua kali tes PCR. Yaitu saat kedatangan dan pada hari ketujuh.

Syarat masuk Indonesia bagi WNI, baik pekerja migran maupun pelajar atau mahasiswa dan pegawai pemerintah baru kembali dari perjalanan dinas luar negeri.

“Akan dikarantina di Wisma Pademangan dengan biaya ditanggung pemerintah,” tuturnya.

Sementara syarat masuk Indonesia bagi WNI di luar kriteria itu dan bagi WNA termasuk diplomat asing, di luar kepala perwakilan asing dan keluarga mereka akan menjalani karatina di tempat akomodasi karantina lain.

Tempat akomodasi bersertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina covid 19 Kemenkes, biaya ditanggung secara mandiri.

“Kepala perwakilan asing dan keluarga bertugas di Indonesia dapat melakukan karantina mandiri di kediaman masing-masing selama lima hari,” ucapnya.

Baca juga: Masuk Parimo Wajib Perlihatkan Rapid Tes

Jika pemeriksaan ulang PCR pada saat kedatangan menunjukkan hasil positif. Maka langsung dirawat di rumah sakit.

Perawatan WNI akan ditanggung pemerintah, sementara WNA ditanggung secara mandiri.

Baca juga: WNA Langgar Prokes Langsung Dideportasi

Sebelumnya, pemerintah wajibkan warga menunjukan kartu vaksinasi covid 19 ketika melakukan perjalanan ke luar kota, saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM darurat, mulai 3-20 Juli 2021.

“Pelaku perjalanan domestik jarak jauh menggunakanpesawat, bis dan kereta api harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksin dosis I. serta hasil PCR H-2 untuk pesawat dan antigen H-1 untuk mode transportasi jarak jauh lainnya,” tuturnya.

Baca juga:Pemerintah Didesak Lindungi ABK WNI di Kapal Asing

Mendapatkan kartu vaksin covid 19 sebagai syarat perjalanan selama PPKM darurat, pastikan pelaku perjalanan domestik sudah divaksinasi terlebih dahulu minimal untuk dosis pertama.

Bagi sudah divaksinasi covid 19, sertifikat vaksin bisa diunduh dalam aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Pemerintah Diminta Kawal Perusahaan Pertambangan Emas di Parigi Moutong

Cara download kartu vaksinasi covid 19 cukup mudah, pastikan para pelaku perjalanan sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu di Appstore/Playstore.

Selain melalui aplikasi, sertifikat vaksin juga bisa didownload melalui situs resmi https//pedulilindungi.id/. (**)

Baca juga: Gubernur Sulawesi Tengah Target Produksi Udang 200 Ribu Ton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.