Monumen Persahabatan Rusia Dengan Ukraina Dirobohkan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Monumen Soviet Lampang Persahabatan Rusia dan Ukraina

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Monumen yang menjadikan lambang persahabatan Rusia dan Ukraina kini dirobohkan di kyiv. Reaksi perobohan ini adalah reaksi terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Monumen patung yang tingginya mencapai delapan meter berwarna perunggu itu menggambarkan pekerja Rusia dan Ukraina di atas alas, yang menjunjung tinggi tatanan persahabatan Soviet.   Patung yang terletak di antara Lengkungan Persahabatan Rakyat, didirikan untuk memperingati hari ulang tahun Uni Soviet ke-60.

“Penghancuran kota-kota di Ukraina, hingga menewaskan ribuan orang. Monumen ini jelas sudah tidak memiliki arti yang sama lagi,” Kata Vitaly Klitschko Walikota Kyiv.

Baca: Konvoi Militer Rusia Sepanjang 40 Mil Bergerak Menuju Ibukota Ukraina

Para pekerja mulai membebaskan salah satu dari dua kepala perunggu, yang jatuh ke tanah dengan benturan lubang. Serempak setelah monumen itu lepas dari tambatannya, Mereka langsung meneriakan slogan “Kemuliaan untuk Ukraina”.

“Lengkungan itu tetap di tempatnya dan namanya di ganti dengan Lengkungan Kebebasan Rakyat Ukraina,” Jelas Vitaly Klitschko.

“Apa mungkin masih bisa kita berteman dengan mereka? setelah apa yang telah Rusia lakukan di Ukraina. Sudah jelas ini merupakan musuh terburuk kita, monumen persahabatan antara Rusia dan Ukraina sudah jelas sekarang sudah tidak memiliki arti lagi,” kata Serhiy Myrhorosky, salah satu dari mereka.

Baca: Uni Eropa Masih Dilema Embargo Migas Rusia

Kota-kota yang hancur akibat invasi Rusia ke Ukraina menyebabkan ribuan orang tewas dan terluka, hingga memaksa lebih dari 5 juta orang mengungsi keluar negeri. Rusia menyebut tindakan ini sebagai operasi khusus melucuti senjata Ukraina dan membebaskannya dari fasis.

“Buat apa kita memiliki hubungan dengan negara agresor, kami tidak butuh itu,” kata Diana wanita muda, yang tidak ingin disebut nama lengkapnya. (*)

Baca: Pohon Roboh Timpa Satu Rumah di Parimo Sulawesi Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.