2Banner GIF 2021

Modus Curang Remote Akses Ujian SKD CPNS Akibat Pemerintah Lalai

Modus Curang Remote Akses Ujian SKD CPNS Akibat Pemerintah Lalai
Ujian SKD CPNS Parimo/Dok. Gemasulawesi

Nasional, gemasulawesi – Modus curang menggunakan aplikasi remote akses pada komputer peserta ujian SKD CPNS 2021 dinilai sebagai kelalaian pemerintah dalam hal pencegahan dan antisipasi keamanan system data.

Ketua komisi II DPR RI Saan Muastopa mengatakan, kondisi itu tentu sangat merugikan peserta lainnya yang memiliki kapasitas dan murni bergantung pada kemampuan sendiri.

Baca juga: 318 Peserta CPNS di Parigi Moutong Lolos SKD

Dengan aplikasi remote akses kata dia, seseorang dari lokasi berbeda dimungkinkan untuk mengontrol kerja-kerja komputer peserta SKD CPNS.

“Ketersediaan jaringan internet dan keamanan server harus menjadi perhatian utama, untuk mencegah remote akses terjadi lagi pada ujian CPNS,” tekan Saan Mustopa di Jawa Barat Selasa 16 November 2021.

Baca juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK Dijadwalkan Akhir Juni-Juli

Lanjut dia, akibat kelemahan itu ada oknum yang bisa membantu peserta tertentu menyelesaikan soal-soal ujian SKD. Parahnya, pelaku kecurangan juga dapat mengatur bank soal sehingga semua jawaban bisa dikerjakan dengan mudah dan benar jawabannya.

Ia menganggap, pemerintah belum optimal melakukan upaya pencegahan dan antisipasi keamanan data pada sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN.

“Ini menjadi catatan untuk pemerintah, tim pengamanan teknologi, dan tim quality assurance agar server CAT BKN tidak dapat diretas,” ungkapnya.

Pemerintah harus membenahi kelemahan itu, mengingat tahapan seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021 masih sedang berlangsung.

“Semua jawaban ataupun masukan yang disampaikan kepada Komisi II DPR RI, akan menjadi bahan diskusi di internal Komisi II DPR RI, dan selanjutnya akan dijadikan sebagai bahan untuk ditindaklanjuti dalam Raker/RDP dengan kementerian/lembaga terkait,” tutupnya. (**/fan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post