Minim Anggaran, Pilkades Serentak 2019 Meleset Dari Target

0
233
Minim Anggaran, Pilkades Serentak 2019 Meleset Dari Target
Fit Dewana, Kadis PMD Parimo (Foto: Ist)

Parimo, gemasulawesi.com Minim anggaran yang melekat di Dinas DPMD Kabupaten Parimo, Provinsi Sulteng, membuat pelaksanaan Pilkades secara serentak meleset dari target.

Hal tersebut disampaikan Kepala dinas (Kadis), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Parimo, Fit Dewana, kepada gemasulawesi.com disela kesibukannya, Kamis, 13 Juni 2019.

Dia mengatakan, sebelumnya Pemda, telah menargetkan Pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak, bakal dilaksanakan dua gelombang di tahun 2019.

“Rencananya, pilkades gelombang pertama itu, sekitar 70 desa yang masa jabatan kepala desanya berakhir di Bulan Desember 2018 sampai 2019, dilaksanakan pada Bulan Juni” ujarnya.

Sedangkan gelombang kedua kata dia, terdapat sekitar 80 desa yang masa jabatan kepala desanya berakhir pada Desember 2020, rencananya dilaksanakan pada bulan November.

Dia mengungkapkan, keterbatasan dari minim anggaran menjadi salah satu faktor penyebab hal tersebut tidak dapat terlaksana.

“Karena keterbatasan anggaran, baru gelombang pertama yang bisa dilaksanakan tahun ini, sedangkan gelombang kedua Insyaallah pada Februari 2020,” jelasnya.

Dia berharap, pelaksanaan pilkades gelombang pertama kali ini dapat berjalan sukses, jujur dan adil.

“Harapan kami, seluruh masyarakat Parimo dapat bersama-sama menjaga wilayahnya agar tetap kondusif mulai dari pra hingga pasca pelaksanaan Pilkades,” tuturnya.

Sementara itu, desa yang masuk dalam kategori gelombang pertama, sudah mempersiapkan tahapan dan jadwal Pilkades.

Persiapan dimulai dengan membentuk P2KD untuk menjaring bakal calon Kepala Desa sampai dengan penetapan calon kontestan kepala desa.

Laporan: Daniel

Tinggalkan Balasan