Menteri Kesehatan Menghimbau Orang Tua Agar Anaknya Imunisasi

waktu baca 2 menit

Kesehatan, gemasulawesi – Menteri Kesehatan menghimbau orang tua agar memastikan anaknya menerima imunisasi lengkap. Dengan melakukan imunisasi lengkap guna melindungi anak dari penyakit-penyakit yang bisa dicegah melalui imunisasi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi menghimbau di acara Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 di Gedung daerah Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Rabu 18 Mei 2022.  

Baca Juga: Begini Cara Mengecek Saldo E-Money Bank dan Dompet Digital!

“Dengan imunisasi lengkap dapat melindungi anak-anak sehingga mereka tumbuh lebih sehat dan lebih cerdas,” ucapnya.

Ia mengatakan, imunisasi pada anak untuk meningkatkan kekebalan anak terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin seperti hepatitis, campak, rubella, polio, tetanus, dan difteri.  

Budi Sadikin juga menekankan, pencegahan penularan penyakit melalui imunisasi jauh lebih murah daripada biaya pengobatan yang diperlukan untuk mengobati serangan penyakit tentunya.  

“Bayangkan seandainya sakit, ada obat antivirus yang harganya bisa sampai jutaan bahkan puluhan juta rupiah, apalagi masuk ke ruang rawat intensif,” ucapnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan sebanyak 24.461 anak di tujuh kabupaten dan kota di Kepri menjadi sasaran dalam mendapatkan imunisasi selama Bulan Imunisasi Anak Nasional mulai 18 Mei hingga 18 Juni 2022.

Dia juga mengatakan pemerintah memberikan layanan imunisasi untuk anak-anak di Puskesmas, Posyandu dan juga fasilitas pelayanan kesehatan.

Beberapa daerah juga telah menetapkan target imunisasi anak selama BIAN 2022. Pemprov Jambi menargetkan 710.754 anak agar menerima imunisasi dasar lengkap pada BIAN 2022.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, anak-anak merupakan aset bangsa yang kesehatannya tentu perlu untuk diperhatikan lebih serius. Dengan kesehatan yang terjaga dengan baik, maka akan terwujud Sumber Daya Manusia yang baik pula untuk melanjutkan pembangunan di masa depan.

“Semoga kita semua menerima manfaat dari upaya bersama ini karena kesehatan adalah kunci keberhasilan,” jelasnya.

Beberapa daerah telah menetapkan target imunisasi pada anak selama BIAN 2022. Pemprov Jambi juga telah menargetkan 710.754 anak akan menerima imunisasi dasar lengkap pada BIAN 2022.

Sementara itu, Pemprov Lampung mengandalkan keberhasilan BIAN mencapai 95 persen dari target imunisasi 1,59 miliar anak lagi.

Baca: Ketua KPU Hasyim Asy’ari Sebut Temuan Korupsi KPK Bukan Prestasi

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bertujuan untuk memberikan layanan imunisasi kepada 252.569 anak selama BIAN. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman, mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan cakupan program imunisasi dasar, yang menurun selama pandemi Covid-19.  

“Kita perlu mewaspadai virus campak dan rubella, polio dan hepatitis B. Caranya sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional bulan depan,” ucap Yana. (*)

Baca: Satgas Pengamanan Perbatasan TNI Temukan Ladang Ganja di Papua

Kunjungi Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.