Banner Dinkes 2021 (1365X260)

Mendes PDTT Minta Pemda Salurkan BLT Dana Desa Sekaligus

Mendes PDTT Minta Pemda Salurkan BLT Dana Desa Sekaligus
Foto: Illustrasi penyaluran BLT Desa.

Berita nasional, gemasulawesi– Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar meminta BLT Dana Desa disalurkan langsung tiga bulan, tanpa perlu dibayarkan secara bertahap.

“Saya minta Pemda dapat membantu percepatan penyaluran bantuan langsung tunai kepada masyarakat,” ungkapnya melalui keterangan tertulis, Sabtu 24 Juli 2021.

Ia menyebut, sebelumnya BLT Dana Desa hanya bisa disalurkan tiap bulan. Namun kini lebih disederhanakan lagi, untuk diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Baca juga: Parigi Moutong Salurkan 1200 Ton Beras untuk KPM PKH

Data KPM Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahun ini, merujuk pada data tahun lalu, sudah melalui verifikasi ulang.

Meski demikian, data KPM itu bisa saja berubah sesuai dengan kondisi ekonomi warga di masing-masing desa.

“Data penerima bantuan langsung tunai sangat fleksibel. Hari ini bisa saja berkurang, bulan depan bisa saja bertambah karena situasi mengharuskan,” sebutnya.

DD bersumber dari APBN, saat ini fokus pada tiga hal, yakni BLT Dana Desa, Padat Karya Tunai Desa (PKTD), dan Program Desa Aman Covid-19.

Adapun target utama dari tiga program itu, yaitu untuk meningkatkan kesehatan dan daya beli masyarakat di desa.

BLT Desa diprioritaskan untuk warga desa yang kehilangan mata pencaharian dan belum mendapatkan jaring pengaman sosial lainnya.

Pendataan KPM BLT Desa dilakukan relawan Desa Lawan Covid-19 berbasis Rukun Tetangga (RT), kemudian diputuskan melalui Musyawarah Desa (Musdes).

Sebelumnya, dalam upaya meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19, pemerintah melalui Kemendes PDTT telah menyalurkan Bantuan Langsuung Tunai Desa.

Baca juga: Kemendes Cabut Status Tertinggal Enam Daerah di Sulteng, Termasuk Parimo

Penyaluran BLT sudah ke 49.095 desa

Hingga 8 Mei 2021 BLT Dana Desa telah disalurkan ke 49.095 desa dari 74.961 desa dengan total anggaran sebesar Rp2,27 triliun.

Sementara, penyerapan DD telah Rp18,86 triliun atau sekitar 26 persen dari total pagu Rp72 triliun. Alokasi ini telah dicairkan ke 52.372 desa atau sekitar 70 persen dari total desa 74.961 desa.

Dari jumlah itu, DD dialokasikan untuk Desa Aman covid-19 sebesar Rp3,46 triliun sebesar 18,4 persen dan untuk Bantuan Langsung Tunai Desa sebesar Rp2,27 triliun atau sekitar 12 persen dari pencairan.

Adapun Penyerapan Dana Desa di lokasi PPKM hingga 8 Mei 2021 mencapai Rp18,10 yang dicairkan untuk 50.398 desa. (***)

Baca juga: Mendagri Minta Kepala Daerah Bantu Masyarakat Kesulitan Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Related Post