Mendagri Kunjungi Sulawesi Tengah, Ini Agendanya

  • Whatsapp
Mendagri Kunjungi Sulawesi Tengah Sulteng, Ini Agendanya
Mendagri Kunjungi Sulawesi Tengah, Ini Agendanya. Kunjungan dilakukan di Kantor Gubernur Sulteng, Jumat 17 Juli 2020.

Berita sulawesi tengah, gemasulawesiMendagri kunjungi Sulawesi Tengah, cek kesiapan kesiapan pilkada serentak 2020 dan penanganan wabah covid-19.

Usai mendarat di Bandara Mutiara Sis Aljufri, Mendagri dan rombongan langsung menuju kantor gubernur untuk koordinasi dengan penyelenggara pilkada dan gugus tugas provinsi.

Bacaan Lainnya

Gubernur diwakili Wagub H. Rusli Dg. Palabbi menyampaikan, dari data realisasi Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terdapat 3 kabupaten mencapai di atas 90 persen yaitu Kabupaten Banggai, Banggai Laut dan Sigi.

“Sementara, Kabupaten Morowali Utara, Poso, Tojo Unauna dan Tolitoli serta Kota Palu berdasarkan data realisasi BPKAD Provinsi Sulteng masih kurang dari 50 persen,” ungkapnya.

Untuk realisasi provinsi sendiri dilaporkan telah mencapai 82,89 %. Ia juga mengatakan, Sulawesi Tengah kini jadi satu dari lima provinsi sesuai data gugus tugas nasional dengan tingkat penyembuhan lebih dari 85%.

Bahkan dari update terakhir per 16 Juli 2020, menunjukkan dari 195 kasus positif, sebanyak 175 pasien dinyatakan sembuh (89,78%) dan 6 pasien meninggal (3,08%).

“Terkait kesiapan new normal, saya tekankan supaya kabupaten atau kota mengantisipasi keberadaan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang dapat menularkan virus ke orang lain,” tuturnya.

Menurutnya, pelacakan OTG harus dilakukan sampai ke akar-akarnya. Termasuk di lingkup penyelenggara Pilkada harus steril dari covid-19. Tujuannya, supaya tidak muncul klaster penularan baru.

Ia juga minta kabupaten atau kota terus mendisiplinkan warga, supaya tidak tawar menawar melaksanakan protokol kesehatan.

Dengan hadirnya Mendagri, diharap dapat memberi penguatan-penguatan guna mewujudkan tatanan normal baru dan sukses pelaksanaan pilkada serentak di Sulteng yang jurdil, luber dan aman covid-19.

“Saya harap dari pertemuan koordinasi ini dapat dijadikan sarana berkonsultasi untuk mencari jalan keluar,” tuturnya.

banner 728x90

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.