Mau Sukses Bisnis Kuliner? Ikuti Tips Berikut

0
107
Mau Sukses Bisnis Kuliner? Ikuti Tips Berikut
Illustrasi kuliner gogos Kabupaten Parigi Moutong (Foto: detik.travel)

Parimo, gemasulawesi.com Mau sukses dalam bisnis kuliner? ini delapan tips manjur yang bisa diikuti.

Salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah mati dari masa ke masa, itulah bisnis kuliner. Alasannya, karena makan merupakan kebutuhan pokok. Bisnis kuliner tidak akan mengalami penurunan omset secara drastis. Berbeda dengan bisnis fashion dan ritel.

Bagi yang mungkin tertarik untuk merambah dunia bisnis kuliner, tetapi masih bingung harus memulai darimana, ini cara yang bisa membantu memulai bisnis kuliner.

Pertama, memiliki komitmen kuat. Sebuah kunci utama untuk menjalankan sebuah bisnis adalah komitmen. Karena sebuah komitmen yang dimiliki pebisnis adalah tantangan yang besar dalam sebuah usaha. Tidak menutup kemungkinan bagi anda yang menjalankan sebuah bisnis kuliner hanya untuk mengisi waktu luang atau sebagai pekerjaan sampingan.

Berikutnya, punya konsep bisnis menarik. Sebuah konsep menarik menjadi nilai tambah tersendiri didalam bisnis kuliner. Pilihlah konsep menarik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Konsumen saat ini ingin mencoba sesuatu yang baru.

Kemudian, perhitungkan dana modal awal bisnis dengan matang. Ketika sedang belanja perlengkapan penunjang bisnis kuliner, sebaiknya tidak memaksakan membeli segala sesuatu yang sifatnya tidak mendesak.

Cara lain memulai bisnis dari modal yang kamu miliki. Kemudian secara berkala menyisihkan keuntungan untuk menjadi modal tambahan. Atau, melakukan jalan pintas dengan meminjam modal ke koperasi atau Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.

Selanjutnya, mulailah bergerilya mencari lokasi usaha strategis. Pastikan lokasi yang dipilih merupakan lokasi strategis, yang gampang untuk diakses dan ramai. Selain itu, pertimbangkan pula peta persaingan bisnis di lokasi yang kamu pilih. Pilihlah lokasi yang tidak berdekatan dengan bisnis kuliner sejenis yang sudah memiliki brand terkenal.

Tips berikutnya, selalu berusaha berinovasi. Yang membedakan para pebisnis kuliner dengan yang lainnya adalah sifat inovatif. Sifat inovatif bisa berupa tampilan, bentuk, rasa, kreasi dari penyajian dan kreasi dari pembuatan.

Tips selanjutnya, tentukan target pasar. Penentuan target secara spesifik tentu akan mempermudah fokus menggaet konsumen awal yang akan menjadi bahan promosi. Misalnya, jika membuka bisnis kuliner dengan target pasar mahasiswa, sebaiknya fokus pada faktor pendukung bisnis yang dapat menggaet mahasiswa.

Kemudian, tentukan strategi promosi yang tepat. Salah satu strategi promosi paling sederhana, tepat sasaran, dan terbukti ampuh dari waktu ke waktu adalah promosi dari mulut ke mulut. Jika konsumen atau pembeli merasa puas dengan produk kuliner yang ditawarkan, pasti akan datang kembali atau bahkan merekomendasikan produk kuliner ke orang lain. Untuk menarik calon konsumen, dapat melakukan berbagai strategi promosi secara langsung di lapangan atau memanfaatkan platform daring seperti instagram dan line.

Tips terakhir, jaga reputasi kuliner yang telah dibangun. Ketika brand kuliner sudah dikenal secara luas, salah satu tantangan paling berat adalah menjaga reputasi brand agar tetap baik di mata konsumen. Reputasi juga menjadi faktor penentu yang mempengaruhi bisnis kuliner bertahan lama atau tidak. Terlebih bisnis kuliner cenderung lebih rawan untuk diterpa issue sensitif.

Reputasi bisnis dapat terus dijaga dengan meningkatkan mutu produk dan layanan terhadap konsumen. Selain itu, harus menetapkan sebuah kualifikasi untuk merekrut SDM berkualitas yang sesuai dengan idealisme bisnis diawal.

Jika menurut kamu kedelapan poin di atas realistis untuk dijalankan, tidak ada salahnya untuk mencoba terjun ke dunia bisnis kuliner, mau sukses bukan?

Sumber: glints.com

Tinggalkan Balasan